SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, TRENGGALEK — Proses pengurusan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-e/e-KTP) bagi pelajar sekolah di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, khususnya jenjang SMA sederajat yang masuk kelompok pemilih pemula pada Pemilu 2019, dipermudah.

“Mulai pekan kemarin kami berlakukan layanan khusus pengurusan KTP-e secara kolektif di semua sekolah yang ada di Trenggalek,” kata Kasi Pindah Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Trenggalek Subagyo Darsono di Trenggalek, Sabtu (23/3/2019).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia menambahkan perlakuan khusus diberlakukan Dispendukcapil Trenggalek untuk para pelajar yang memasuki usia 17 tahun atau menjelang usia wajib KTP, mengingat selama ini sering terjadi siswa izin tidak masuk sekolah karena alasan mengurus e-KTP di Dispendukcapil Trenggalek.

Izin awalnya sebentar, tetapi karena antrean panjang pengurusan e-KTP, siswa akhirnya tidak bisa mengikuti pelajaran hingga siang/sore.

Layanan kolektif melalui sekolah juga dilatarbelakangi syarat dan ketentuan KPU bahwa warga, termasuk pemilih muda/pemula, hanya bisa berpartisipasi dalam pemilu bila memiliki e-KTP. Tanpa e-KTP atau berkas surat keterangan pengganti KTP-e yang sah, hak memilih dalam pemilu tak bisa digunakan.

“Karena itulah, kami melakukan berbagai inovasi untuk melakukan percepatan perekaman, khususnya pada masyarakat yang baru melakukan perekaman,” katanya.

Oleh karenanya, saat ini Dispendukcapik Trenggalek aktif berkoordinasi dengan jajaran SMA/SMK sederajat lainnya untuk keperluan tersebut.

Nantinya, data yang didapat ketika perekaman tersebut akan disimpan, kemudian dikirim ke Kemendagri untuk dicek ketunggalan datanya dan selanjutnya dilakukan pencetakan jika usia telah 17 tahun.

Sedangkan untuk tata cara pengambilan e-KTP, lanjut dia, sesuai prosedur akan dilakukan secara kolektif oleh pihak sekolah ketika seluruh e-KTP siswa telah dicetak. “Pengambilan KTP-e bisa dilakukan guru dengan menunjukkan surat tugas dari kepala sekolah,” katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya