Tutup Iklan

Pengurus PBSI Wonogiri Dituntut Lahirkan Gregoria Mariska Baru

Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wonogiri resmi dilantik pada Sabtu (16/10/2021).

 Pelantikan Pengkab PBSI Wonogiri di Ruang Kahyangan Kompleks Setda Wonogiri, Sabtu (16/10/2021).(Istimewa/Dokumentasi Humas Pemkab Wonogiri)

SOLOPOS.COM - Pelantikan Pengkab PBSI Wonogiri di Ruang Kahyangan Kompleks Setda Wonogiri, Sabtu (16/10/2021).(Istimewa/Dokumentasi Humas Pemkab Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Wonogiri resmi dilantik pada Sabtu (16/10/2021).

Pengurus baru ini ditantang untuk bisa melahirkan atlet nasional asal Wonogiri, Gregoria Mariska, yang baru lewat tahapan latihan yang tepat bagi calon atlet.

Hal ini diungkapkan Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Akhmad Khafidz Basri Yusuf, saat melantik pada pengurus Pengkab PBSI Wonogiri, di Ruang Kahyangan Kompleks Setda Wonogiri, Sabtu (16/10/2021).

“Kami berharap di bawah kepengurusan Pengcab PBSI Wonogiri yang baru akan ada pelatihan yang tepat bagi bibit atlet yang masih muda. Kepelatihan di tingkat dasar ini sangat penting,” kata dia, dalam rilis yang diterima Solopos.com, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga: China Rebut Piala Uber Seusai Tundukkan Jepang 3-1

Di sisi lain, pihaknya berharap para pelatih badminton bisa memahami ilmu-ilmu soal pelatihan. Menurutnya, dalam pelatihan badminton bagi calon atlet tak bisa sembarangan. Pelatihan harus dilakukan secara bertahap dan tidak bisa secara instan atau mendadak.

Pelatihan ini mulai dari pelatihan fundamental bagi anak umur 6 sampai 9 tahun, train to learn bagi anak usia 9 sampai 12 tahun, train to train dari usia 13 sampai 15 tahun, dan tahapan lainnya.

Dalam hal ini, para pelatih diharuskan ikut dalam pelatihan demi klubnya. Hal ini lantaran melatih itu mesti sistematis. Ia menilai banyak pelatih di klub badminton yang dulunya adalah atlet, tetapi belum memiliki pengetahuan keolahragaan.

Alhasil, mereka kemudian melatih sama seperti bagaimana ia didik dulu. Padahal sebenarnya dalam melatik anak-anak ini tahapannya mesti disesuaikan. Misalnya, untuk anak usia 6 – 9 tahun, maka ia meski dilatih dulu fundamentalnya.

Baca Juga: Final Piala Thomas, Ini Jadwal dan Prediksi Line Up Indonesia Vs China

Pembinaan Pelatih

Gregoria Mariska Tunjung (BadmintonTalk) Piala Uber 2021
Gregoria Mariska Tunjung (BadmintonTalk)

Dengan demikian, jika anak sudah dilatih dengan tahapan yang benar, maka saat anak pindah ke klub yang lebih besar tidak akan kaget dan langsung bisa mengikuti pola latihan. Pihaknya berharap saat anak-anak di klub yang lebih besar, mereka justru membawa bibit cedera akibat tahapan pelatihan yang keliru.

“Jika ini tidak sistematis, program untuk orang dewasa diterapkan kepada anak, maka si anak bisa cedera. Maka dari itu, lewat PBSI Wonogiri ini nanti kami harapkan bisa melakukan pembinaan dan pembekalan kepada para pelatih,” papar dia.

Sementara itu, Ketua Pengkab PBSI Wonogiri, Bowo Dwi Hartono, menjelaskan pihaknya segera menyesuaikan diri dengan program-program yang dijalankan Pengprov Jateng. Dalam hal ini, pihaknya Pengkab PBSI Wonogiri bakal bersinergi dengan Pengprov PBSI Jateng.

“Kami berharap muncul bibit-bibit atlet baru dari Wonogiri. Kami akan melaksanakan pelatihan-pelatihan mulai tingkat dasar dan dewasa. Harapannya, prestasi olah raga bulu tangkis akan meningkat,” jelas dia.


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Keren, Dechapol/Sapsiree Sikat Bersih 3 Gelar Ganda Campuran IBF 2021

Sukses besar diraih ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang memboyong tiga gelar juara dari ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

Final BWF World Tour: Kevin/Marcus Hadapi Hoki/Kobayashi asal Jepang

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2021 akan dilaksanakan, Minggu (5/12/2021) mulai pukul 12.00 WIB di Nusa Dua, Bali.

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.