SOLOPOS.COM - Ketua Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (Hipki) Periode 2016-2020 di Kantor Dikpora Solo, Kristyanto Joko Susilo (depan), membacakan ikrar seusai dilantik di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Solo, Sabtu (12/11/2016). (Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos)

Pengurus Hipki Solo dilantik.

Solopos.com, SOLO — Pengurus Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (Hipki) Solo dilantik. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Solo, Etty Retnowati mengakui keberadaan kursus keterampilan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal tersebut dikatakannya pada acara Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (Hipki) Periode 2016-2020 di Kantor Dikpora Solo, Sabtu (12/11/2016).

Menurutnya saat ini sebagian lulusan SMK tidak terserap di dunia kerja. “Di Solo ada SMK yang lulusannya terserap 90 persen di dunia kerja, tapi masih ada juga yang hanya 60 persen,” ujar dia tanpa merinci SMK tersebut.

Mungkin, lanjut Etty, yang belum terserap tersebut masih belum pede dan masih membutuhkan ilmu praktis yang diperoleh dari kursus. “Posisi kursus ini sangat penting dan dibutuhkan untuk mendukung penyerapan tenaga kerja.”

Di sisi lain, Ketua Hipki DPD Jawa Tengah, Edy Swaras, dalam sabutannya mengatakan, keberadaan kursus belum memperoleh perhatian yang serius dari pemerintah. Anggaran pemerintah dari APBD untuk Hipki hanya puluhan juta rupiah, jauh dibandingkan untuk PAUD dan SMK yang mencapai ratusan juta rupiah.

“Karenanya, saya mengajak pengurus baru Hipki Solo ini untuk bekerja keras memperjuangkan nasib kita,” ujarnya.

Sementara itu, ketua Hipki 2016-2020, Kristyanto Joko Susilo, menyatakan siap melanjutkan perjuangan Hipki maupun perjuangan kepengurusan sebelumnya. Dia menyadari perjuangan Hipki makin berat di masa mendatang.

Dia juga meminta dukungan Dikpora Solo untuk membantu memperjuangkan eksistensi Hipki di mata pemerintah. “Sejauh ini kami selalu mendapat dukungan dalam kegiatan-kegiatan kami. Ke depan juga akan selalu membutuhkan dukungan Dikpora untuk memperjuangkan nasib kami,” kata dia.

Berikut ini susunan pengurus Hipki Solo:

Ketua : Kristyanto Joko S
Wakil Ketua I : Urip Danang
Wakil Ketua II : YP Wahyu Gunawan
Sekretaris I: Dwi Yunianto
Sekretaris II: Ahmad Iswadi
Bendara : Widyatini Wijaya, Ani Andriyani
Bidang Organisasi : Memet Toto R, Widodo
Pendikan, Pelatihan, SDM : Yeni Maryani, Danang Cahyo Suryono, Gatra Indriya
Info dan Humas : Tuti Nurhayati, Yohanes Handoko, Zam-Zami Ali, IHS Nusahid
Litbang : Misranto, Budi Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya