SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, MAGELANG — Pengunjung pertama Taman Wisata Candi Borobudur di tahun 2019, Selasa (1/1/2019), dimanjakan pengelola objek wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu. Pengunjung pertama yang terdiri atas dua wisatawan nusantara dan dua wisatawan mancanegara itu diarak dengan empat ekor gajah koleksi Taman Wisata Candi Borobudur.

Pengunjung pertama dari kalangan wisatawan nusantara adalah Yuli Kurniawan, 21, dan Fahri Ali, 18, asal Banten. Sedangkan pengunjung pertama dari kalangan wisatawan mancanegara adalah Mrs. Jun Chan dan Mr. Jan Jian, warga Negara Amerika Serikat asal Tiongkok. Selain diarak dengan naik gajah dari pintu utama hingga pintu masuk sebelah timur Candi Borobudur, keempat wisatawan tersebut mendapat kalungan untaian bunga melati dan juga suvenir dari unit Taman Wisata Candi Borobudur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada cerita unik dari kedua pemuda asal Banten yang didaulat sebagai pengunjung pertama Borobudur di tahun 2019 itu. Yuli Kurniawan menuturkan berangkat dari Banten bersama sahabatnya Fahri Ali pada 28 Desember 2018 dengan naik bus dan mereka sempat menyasar di Kota Jogja sehingga baru sampai Borobudur pada 31 Desember 2018. Sayangnya, kala itu loket masuk Candi Borobudur sudah tutup.

Ekspedisi Mudik 2024

Alhasil, mereka pun tidur di trotoar kawasan Borobudur karena bekal uang mereka sudah menipis. “Kami terpaksa tidur di trotoar, karena bekal uang hampir habis akibat kesasar di Jogja. Kami memang baru pertama berkunjung ke Borobudur dan belum tahu jalannya, namun semua itu ternyata ada hikmahnya,” katanya.

Ia menuturkan karena tidur di trotoar dekat Candi Borobudur, maka pagi-pagi sudah bisa antre membeli tiket di urutan pertama. Kala itu, ia tidak menyangka bakal mendapatkan kejutan mendapat suvenir dan diarak naik gajah.

General Manager Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan sambutan untuk wisatawan pertama yang masuk ke Candi Borobudur tahun 2019 sebagai penghargaan kepada wisatawan. “Sambutan kepada pengunjung pertama di awal tahun ini merupakan tradisi kami untuk memberikan apresiasi pada pengunjung, baik wisatawan asing maupun wisatawan nusantara,” katanya.

Ia menuturkan di tahun 2019 Candi Borobudur diharapkan menjadi destinasi utama berkaitan pembukaan Bandara Kulonprogo yang direncanakan bulan April 2019. Ia menyampaikan dengan beroperasinya Bandara Kulonprogo wisatawan mancanegara maupun nusantara akan banyak mengunjungi Candi Borobudur, oleh karena itu pihaknya terus menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana untuk menerima kunjungan wisatawan yang lebih besar lagi di masa mendatang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya