SOLOPOS.COM - Ada tanda silang pada meja di pelayanan perpustakaan sebagai upaya untuk menjaga jarak di perpustakaan daerah belum lama ini. (Istimewa-Dinas Arpusda Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Pagebluk virus corona jenis baru membuat pola kehidupan berubah. Bahkan kunjungan warga Sragen, Jawa Tengah ke perpustakaan daerah (perpusda) dan perpustakaan kecamatan (Perpuskec) anjlok hingga 85,28% selama pandemi Covid-19.

Total kunjungan di perpusda, perpuskec, dan perpustakaan keliling sebelum pandemi mencapai 13.497 orang, kini turun tinggal 1.987 orang (14,72%). Anjloknya kunjungan perpustakaan milik Pemkab Sragen itu disebabkan karena terdampak wabah Covid-19 dan pembatasan pelayanan untuk pencegahan persebaran Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Seorang pustakawan Perpusda Dinas Arsip dan Perpusda (Arpusda) Sragen, Mei Sumarlina, saat dihubungi Solopos.com, Rabu (28/10/2020), mengatakan anjloknya kunjungan perpusda dan layanan perpuskec dan perpus lainnya disebabkan adanya pembatasan pelayanan.

Idap Anxiety, Jeongyeon Twice Hiatus

Dia mengatakan jumlah kunjungan total di perpusda Sragen sebelum pandemi bisa mencapai 4.270 orang per bulan kini turun tinggal 933 orang/bulan atau 21,85%. Kunjungan pelayanan perpustakaan lainnya, terang dia, sebelum pandemic mencapai 9.227 orang per bulan sekarang turun tinggal 1.054 orang per bulan atau 11,42%.

“Turunnya kunjungan pelayanan perpustakaan di luar perpusda itu disebabkan banyaknya leyanan yang diliburkan, yakni layanan anak, perpustakaan keliling SD, perpusling di Lembaga Pemasyarakat, Perpusling car free day, perpusling Taman Krido Anggo, dan Perpustakaan Taman Sukowati. Selain itu waktu kunjungan juga dibatasi,” jelas Mei.

Sesuai Protokol Kesehatan

Mei melanjutkan selama pandemi memang ada protokol kesehatan, yakni wajib pakai masker, wajib cuci tangan sebelum masuk perpustakaan, dan masih disemprot dengan hand sanitizer, kemudian pengunjung mengisi buku tamu dengan keterangan waktu datang dan pulang.

CL Umumkan Akan Comeback 29 Oktober

Mei mengatakan jam kunjungan dibatasi hanya satu jam. Bila pengunjung lupa, kata dia, maka petugas jaga mengingatkan pengunjungnya. “Kemudian jumlah fasilitas tempat duduk pengunjung dibatasi hanya 16 kursi dan fasilitas lesehan ditiadakan. Jumlah kunjungan harian tentunya lebih dari 16 orang karena ada yang mengembalikan dan yang mengakses Internet,” ujarnya.

Pembatasan selanjutnya, jelas dia, jam pelayanan hanya berlangsung empat jam, yakni mulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB. Selama waktu itu digunakan untuk peminjaman, pengembalian, dan kunjungan lainnya tetapi pegawainya tetap pulang pukul 16.00 WIB.

“Total kunjungan itu bisa sampai 13.497 orang kalau normal tetapi sekarang tinggal 1.987 orang per bulan. Yang jelas warga turun drastis karena mereka juga waspada supaya tidak tertular. Selain itu di perpustakaan ada aturan tidak boleh banyak orang,” ujar Mei.

Kunjungan di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen

Pengunjung       Sebelum Pandemi          Saat Pandemi

Anggota               2.138 orang/bulan               547 orang/bulan (25,58%)

Tamu                   2.132 orang/bulan                386 orang/bulan (18,11%)

Total                 4.270 orang/bulan           933 orang/bulan (21,85%) 

Kunjungan Kegiatan perpustakaan di Kabupaten Sragen

Layanan                       Sebelum Pandemi          Saat Pandemi

Layanan Anak                     150 orang/bulan               Libur

Perpusling SD                  4.274 orang/bulan              Libur

Perpusling LP                      215 orang/bulan               Libur

Perpusling CFD                   182 orang/bulan              Libur

Perpusling Krido Anggo    113 orang/bulan               Libur

Perpus Gondang               1.026 orang/bulan           351 orang/bulan

Perpus Gemolong             1.972 orang/bulan           584 orang/bulan

Perpus Jenar                        318 orang/bulan               109 orang/bulan



Perpus Taman Sukowati    997 orang/bulan               Libur

Total                             9.227 orang/bulan           1.054 orang/bulan (11,42%)

Sumber: Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Sragen (trh)

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya