SOLOPOS.COM - Para pengunjung datang ke Sangiran Fair 2022 yang dihelat di Lapangan Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Sabtu (17/9/2022) sore. (Istimewa/Ana Faridasari)

Solopos.com, SRAGEN — Pengunjung Sangiran Fair 2022 yang digelar di Kawasan Situs Manusia Purba, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen, Sabtu (17/9/2022), membeludak. Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati meresmikan event perdana itu pada pukul 18.00 WIB.

Kabid Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sragen, Ana Faridasari, mengatakan semakin sore pengunjungnya semakin banyak. Ia mengklaim jumlah pengunjung mencapai 1.000-an orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan pengunjung yang mencapai 1.000-an orang itu perputaran uang di Sangiran Fair 2022 ini bisa tembus Rp20 juta per hari. Perputaran uang itu hanya di lingkungan Kecamatan Krikilan, belum termasuk usaha mikro kecil dan menengah di subterminal bus Trans Jateng,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Pengunjung berdatangan ke  Sangiran Fair 2022 karena banyaknya atraksi budaya yang disuguhkan. Sangiran Fair 2022 merupakan bagian dari rangkaian Sangirun Night Trail 2022 yang digelar pada hari yang sama.

Baca Juga: Bupati Sragen akan Ikut Lari Bersama 250 Peserta Sangirun Night Trail 2022

Dia menjelaskan rangkaian acara Sangiran Fair 2022 dimulai pukul 15.30 WIB dengan penampilan pembuka berupa tarian tradisional modern dari SMK Al Islam. Kemudian disusul pantomim dan dolanan anak dari Korwilcam Kalijambe.

“Penampilan berikutnya rebana dari MTSN 8 Sragen, tarian Bambangan Cakil dari SMPN 2 Kalijambe, fashion show dari SMKN 1 Kalijambe, tari Sesonderan dari SMPN 1 Kalijambe, teater SMPN 1 Kalijambe, kesenian islam dari Desa Trobayan, dan tari Saman dari MAN 3 Sragen,” jelasnya.

Mulai pukul 18.00 WIB nanti dimulai seremonial pembukaan dengan menghadirkan Bupati Sragen. Dalam seremonial pembukaan itu dilanjutkan dengan seni perkusi dari SMK AL Islam.

“Setelah Isya dilanjutkan dengan wayang pohong dan rodat dari Desa Bukuran, dorples dari Krikilan. Pertunjukan lainnya ada tari kreasi baru, teater Sangir, gejok lesung, wayang purba,” jelasnya.

Baca Juga: Hiii…Ada Mumi Mamasa dan Manusia Flores di De Tjolomadoe Karanganyar

Dalam Sangiran Fair 2022 itu juga dibarengkan dengan seremonial penyerahan Program Sosial dari Bank Indonesia, yakni berupa pembanguna selter UMKM Subterminal Desa Wisata Sangiran. Penyerahan bantuan dari Bank Indonesia itu diserahkan kepada Pemerintah Desa Krikilan dan disaksikan Bupati Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya