Pengunjung Objek Wisata Air di Klaten Turun Drastis
Salah satu wisata air di Klaten. (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Tingkat kunjungan di sejumlah objek wisata air di Klaten mengalami penurunan drastis dalam beberapa hari terakhir. Hal itu menjadi salah satu dampak merebaknya virus corona (covid-19) di berbagai belahan dunia.

Salah satu objek wisata air di Klaten yang terdampak merebaknya covid-19, yakni Umbul Manten di Sidowayah, Kecamatan Polanharjo. Jumlah pengunjung di umbul yang menawarkan mata air alami dan keindahan alam ini mengalami penurunan hingga di atas 50 persen.

Balik dari All England, Atlet Bulu Tangkis Indonesia Jalani Isolasi Mandiri

Sebelum wabah corona, jumlah pengunjung di Umbul Manten di hari Minggu kurang lebih mencapai 1.000 orang. “Umbul Manten sangat terdampak dengan munculnya covid-19. Jumlah pengunjung turun drastis. Di hari Minggu kemarin, jumlah pengunjung hanya 260 orang," kata Kepala Unit Umbul Manten, Gandhy Prasetya, kepada Solopos.com, Senin (16/3/2020).

Gandhy Prasetya mengatakan pengelola Umbul Manten sudah berupaya meningkatkan kunjungan di tengah-tengah dampak covid-19. Upaya tersebut berupa menyajikan live music di kompleks umbul.

Diliburkan Supaya Belajar Di Rumah, Siswa SMA Solo Ini Malah Nongkrong di Warung

“Kami sudah menjalin kerja sama dengan grup musik, terutama di hari Minggu. Ada dangdut, campursari, keroncong, koesplus, dan tembang kenangan [harga tiket masuk ke Umbul Manten senilai Rp6.000 per pengunjung],” katanya.

Hal senada dijelaskan salah satu pengelola Umbul Ponggok, Polanharjo, Suyanto. Merebaknya virus corona 19 juga mengakibatkan kunjungan wisata di Umbul Ponggok mengalami penurunan sebanyak 50 persen.

“Minggu (15/3/2020), jumlah pengunjungnya hanya 500 orang. Padahal di hari Minggu, kunjungan di umbul mencapai lebih dari 1.000 orang. Meski sedang ramai covid-19 seperti sekarang, umbul tetap dibuka. Soalnya belum ada instruksi dari dinas terkait juga [Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga/Disbudparpora Klaten],” katanya.

Dampak Corona, Kejuaraan Catur di Solo Diundur

Tunda Kunjungan

Suyanto mengatakan beberapa pengelola agen travel di Tanah Air juga mendadak menunda kunjungan ke Umbul Ponggok. Pembatalan secara sepihak itu juga terkait dengan merebaknya virus corona.

“Total yang meng-cancel tiba-tiba itu ada empat agen travel [tidak jadi berkunjung ke Umbul Ponggok dengan membawa rombongan]. Guna mencegah virus corona, kami juga sudah menyediakan hand sanitizer dan semprotan disinfektan di pintu masuk umbul [harga tiket ke Umbul Ponggok senilai Rp15.000 per pengunjung],” katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho