SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)–Pengunjung lokasi wisata Grojogan Sewu membeludak pada musim long weekend atau liburan panjang pekan kemarin. Kebanyakan para pengunjung berasal dari luar kota.

Menurut Kepala Bagian Pemasaran dan Litbang PT Duta Indonesia Jaya, Widodo, pihaknya memperkirakan kedatangan pengunjung mencapai lebih dari 5.000 orang. Kenaikan rata-rata pengunjung dari hari biasanya, sekira 20 persen. “Hari Minggu (30/5) kan puncak liburan. Biasanya mencapai 3.000 orang,” ujar Widodo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumat (28/5) lalu, pengunjung mencapai 1.800 orang. Sedangkan hari berikutnya mencapai 1.000-an pengunjung. Mayoritas pengunjung adalah wisatawan domestik yang berasal dari berbagai daerah. Ada yang datang dari Jakarta, Bandung dan Jatim. Sedangkan para turis lokal dan mancanegara, masih minim.

Kenaikan pengunjung tersebut, lanjut Widodo, lantaran berbarengan dengan liburan sekolah. Karena itu, dari sekian banyak wisatawan, 70 % adalah remaja dan anak-anak. Sedangkan sisanya yakni dari kalangan keluarga.

Widodo mengaku tak menambah personil saat musim liburan. “Kecuali kalau libur lebaran, kami harus menambah petugas.” Pasalnya, hanya dengan 20 orang karyawan, saat ini pihaknya masih bisa menangani banjirnya pengunjung.

Kondisi cuaca yang kurang bersahabat, sebut Widodo, turut mengurangi kedatangan wisatawan untuk melihat air terjun Grojogan Sewu. Jumlah pengunjung selama setahun, mencapai lebih kurang 328.500 orang. Artinya, sekitar 900 orang per hari mengunjungi lokasi wisata yang berada di lereng kaki Gunung Lawu itu.

m87

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya