SOLOPOS.COM - Pengunjung memadati Pakuwon Mal Solo Baru pada Sabtu (3/6/2023). (Solopos.com/ Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Libur panjang sejak Kamis (1/6/2023) hingga Minggu (4/6/2023) mengerek okupansi pengunjung mal di Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pengunjung di dua mal di kawasan tersebut naik hingga 20%, kuliner hingga bioskop jadi jujukan para pengunjung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Public Relations Officer The Park Mall Solo Baru, Christina Tri Mawarti mengatakan di The Park Mal pengunjung selama libur panjang pekan ini naik 15-20%.

Paling banyak para pengunjung The Park memburu fesyen dan kuliner.

“Selamat libur panjang ini promo dari mal belum ada. Tetapi beberapa tenant sedang launching untuk edisi summer, dan beberapa tenant sedang ada promo khusus Juni. Pengunjung luar kota hampir 50-60% mendominasi seperti Jogja, Semarang, Jakarta dan Jawa Timur,” jelas Christina saat dihubungi Solopos.com pada Sabtu (3/6/2023).

Selain itu, menurutnya, pengunjung yang memburu bioskop cukup banyak semenjak penayangan Film Fast X atau Fast Furious 10 hingga hari ini.

Para pemburu layar lebar tersebut bahkan sudah mengantre sejak pukul 11.00 WIB ketika bioskop belum dibuka.

Tak hanya itu wahana hiburan anak juga terbilang ramai semenjak Lebaran lalu.

Terpisah, Manager Promosi Pakuwon Mall Solo Baru, Rohaz Sabana, mengatakan kenaikan pengunjung terkait liburan panjang pekan ini hampir sama dengan The Park Mal, yakni sebanyak 15-20% kenaikan.

Kendati tak semua perusahaan di Soloraya membuat kebijakan long weekend pada pekan ini.

Namun menurutnya, dampak kenaikan pengunjung sudah terasa, apalagi di Solo masih banyak event yang sedang berlangsung.

Traffic pengunjung lebih banyak ke kuliner dan aksesori ya, after Ramadan dan Lebaran ini. Untuk fashion akhir-akhir ini juga naik diharapkan pekan ini juga naik. Kami juga sedang ada pameran mobil sejak Senin (29/5/2023) sampai Minggu (4/6/2023) besok,” terang Rohaz.

Selama pergantian brand dari Hartono Mal ke Pakuwon Mall saat ini jumlah tenant yang ada baru sebanyak 78%.

Selama periode opening pada Maret-April lalu banyak tenant mengisi Pakuwon Mal.

Pada Lebaran lalu hingga Mei ia memilih menggantikan sejenak pembukaan tenant, sementara pada akhir Juni hingga Agustus mendatang kurang lebih akan ada 8-10 tenant yang akan dibuka di Pakuwon Mall.

Dengan tenant baru terutama tenant yang belum ada di Solo dan baru ada di Pakuwon Mall menjadi magnet pengunjung.

Ia mengaku ada perubahan penambahan customer, misalnya beberapa waktu lalu pengunjung paling banyak datang ke tenant Matahari dan Hypermart.

Saat ini ada penambahan pengunjung baru yang memburu Uniqlo, dan Sushi Tei, yang baru pertama hadir di Soloraya.

Rohaz mengakui masyarakat di kawasan Solo Baru cukup potensial menjadi sasaran pengunjung.

Meski tak menutup kemungkinan masih banyak juga pengunjung dari kabupaten/kota lain yang dekat dengan Sukoharjo seperti Wonogiri hingga pengunjung dari daerah Solo dan luar kota menjadi penikmat wisata belanja di Sukoharjo tersebut.

Kawasan Solo Baru yang cukup padat dengan aktivitas perekonomian dan bisnis bukan menjadi halangan.

Selain itu, ia menyebut lokasinya yang berdekatan dengan The Park Mall menjadi ladang kolaborasi bagi dua mal terbesar di Sukoharjo itu.

“Dibilang persaingan tidak, kami berkolaborasi. Kami juga sering sharing apalagi banyak yang masih banyak pengunjung yang terbilang trauma datang ke mal semenjak pandemi Covid-19 lalu. Kompetisi iya tetapi kami juga kolaboratif. Misalnya di The Park ada H&M kami ada Uniqlo, jadi biar customer punya variasi pilihan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya