SOLOPOS.COM - Achmad Purnomo (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka. (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO -- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo menolak pengunduran diri Achmad Purnomo sebagai calon wali (cawali) Kota Solo. Purnomo diminta bersabar.

Keputusan menolak pengunduran diri Purnomo tersebut diambil dalam rapat konsolidasi dan koordinasi DPC PDIP yang digelar pada Sabtu (6/6/2020).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rapat dipimpin Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo. Keputusan rapat DPC PDIP Solo disampaikan kepada awak media Minggu (7/6/2020) siang.

DPC PDIP Solo Tolak Pengunduran Diri Achmad Purnomo

Hadir dalam acara itu Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa, dan jajaran pengurus DPC maupun pimpinan anak cabang (PAC) seperti Honda Hendarto, Y.F. Sukasno, Suharsono, Roro Indradi Sarwo Indah, Putut Gunawan, Budi Prasetyo, dan Her Suprabu.

Teguh Prakosa mengatakan dalam waktu dekat surat keputusan DPC PDIP Solo tersebut akan disampaikan kepada Achmad Purnomo selaku kader partai. Purnomo diminta untuk bersabar menunggu turunnya keputusan rekomendasi cawai-cawawali Solo dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

“Harapannya Pak Purnomo sabar menunggu keputusan DPP [PDIP]. Itu saja,” kata Teguh, Minggu.

Video Pocong Gentayangan di Purbalingga Ternyata Hoaks, Penyebarnya Gadis ABG

Rekomendasi Kemungkinan Turun Juni

Dia menyebut kemungkinan rekomendasi cawali-cawawali Solo segera turun. “Mungkin antara bulan Juni ini [2020] akan turun keputusan rekomendasi. Apapun keputusan rekomendasinya, DPC partai wajib mengamankan keputusan partai,” imbuh dia.

Di sisi lain, Teguh mengatakan langkah mengajukan permohonan diri merupakan sikap pribadi Achmad Purnomo sebagai kader PDIP Solo.

Sementara, dalam konteks pencalonan sebagai cawali Solo, Achmad Purnomo maju karena adanya usulan dari seluruh kader PDIP.

3 Kejanggalan Ini Bikin Polisi Curiga Korban Begal di Sukoharjo Buat Laporan Palsu

“Secara pribadi boleh menyatakan itu [mundur]. Tapi sebagai parpol kemarin yang mengusulkan kan seluru kader,” terang Teguh.

Dia menjelaskan dalam rapat konsolidasi akhir pekan lalu Ketua DPC PDIP Solo menyampaikan ihwal surat permohonan pengunduran diri Purnomo. Selanjutnya Ketua DPC PDIP Solo meminta tanggapan kepada peserta rapat konsolidasi dan koordinasi.

Lama Tak Muncul, Dorce Gamalama Melamar Jadi Sopir Raffi Ahmad

“Ditanya semuanya [peserta rapat] apakah mau menerima atau menolak surat penggunduran diri Pak Purnomo. Serempak oleh seluruh jajaran ranting dan PAC menyatakan menolak. Itu lah mekanisme yang ditempuh oleh DPC PDIP Solo,” sambung Teguh.

Sebelumnya, Putut Gunawan didaulat membacakan surat pernyataan DPC PDIP Solo menyikapi surat pengunduran diri Achmad Punomo.

Di surat itu disebutkan alasan penolakan pengunduran diri Achmad Purnomo adalah untuk keberlanjutan program PDIP. Selain itu, DPC PDIP Solo juga mempertimbangkan keberlanjutan program Pemerintah Kota (Pemkot) Pemkot Solo yang dipimpin kader PDIP.

Dua nama kuat bersaing memperebutkan rekomendasi cawali Solo dari DPP PDIP, yakni Purnomo dan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming. Purnomo diusung DPC PDIP Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya