SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dokumen)

GUNUNGKIDUL—Hari ini, Sabtu (1/5/2013) merupakan hari yang ditunggu para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) lantaran merupakan hari pengumuman hasil Ujian Akhir Nasional (UAN). Sedikitnya ada 11 siswa SMP yang tidak lulus.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Bidang SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Khahyanto Utomo mengatakan jumlah tersebut memang sudah maksimal. Pasalnya pihak Bidang SMP dan sekolah-sekolah telah berupaya penuh untuk meloloskan sebanyak-banyaknya murid.

“Kami telah menggelar try out, remedy serta pemberian pelajaran tambahan serta peningkatan mutu pengajar. Saya kira jumlah tersebut sudah maksimal. Kemarin ada sekitar 9566 peserta ujian nasional tingkat SMP,” papar dia ketika.dihubungi Harian Jogja, Jumat (31/5/2013).

Pihaknya menambahkan, ada dua alasan utama yang menyebabkan ketidaklulusan tersebut. Ia melihat di daerah pinggiran ada kecenderungan untuk tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Tidak adanya motivasi untuk bersekolah ke jenjang selanjutnya dinilai merupakan penyebab tidak adanya rasa penting dalam belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya