SOLOPOS.COM - Sikap Kemendikbud terkait UN SD dibandingkan UNS SMP dan SMA memicu prasangka yang berkembang sebagai rumor bahwa pengumuman hasil UN SD 2013 ditunda. (4shared.com)

Sikap Kemendikbud terkait UN SD dibandingkan UNS SMP dan SMA memicu prasangka yang berkembang sebagai rumor bahwa pengumuman hasil UN SD 2013 ditunda. (4shared.com)

JAKARTA—Perbedaan mekanisme pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) dengan pengumuman hasil UN SMP dan SMA tahun ini menimbulkan spekulasi bahwa pengumuman hasil UN itu bakal ditunda.  Rumor yang tersiar dari Jakarta itu dipicu ketiadaan penjelasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sehari menjelang pengumuman yang semula dijadwalkan Sabtu (8/6/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati Kemendikbud melalui akun resmi Twitter, @Kemdikbud_RI, telah menyatakan pengumuman hasil UN SD 2013 paling lambat 8 Juni. “Pengumuman kelulusan UN SD/sederajat dari satuan pendidikan paling lambat tanggal 8 Juni 2013,” tulis @Kemdikbud_RI. Nyatanya sampai dengan Jumat (7/6/2013) malam, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum menyampaikan keterangan resmi terkait pengumuman UN SD 2013.

Sikap Kemendikbud itu berbeda dengan saat menjelang pengumuman hasil UN SMP dan SMA. Kala itu, sehari sebelum disampaikan secara resmi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengumumkan hasil UN itu secara umum. Dalam kesempatan itu, Mendikbud  memberikan keterangan pers tentang siswa-siswa yang meraih nilai tertinggi, sekolah dengan nilai rata-rata tertinggi, jumlah siswa yang tidak lulus secara nasional.

Kemendikbud sebelumnya memang menjelaskan bahwa pengumuman hasil UN SD 2013 akan dilakukan oleh pemerintah provinsi. Hal itu dimuat dalam tabel Kegiatan Lanjutan dan Pengumuman UN SD/MI 2013:

No.

Kegiatan

Penanggung Jawab

Tanggal

1

UN Susulan SD/MI, SDLB Penyelenggara UN Satuan Pendidikan 13-15 Mei 2013

2

Mencetak dan mendistribusikan blangko surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) ke provinsi dan luar negeri Penyelenggara Pusat

3

Pengiriman hasil UN SD/MI, SDLB oleh penyelenggara UN Tingkat Provinsi ke Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 3 Juni 2013

4

Pengumuman kelulusan peserta didik SD/MI, SDLB dari satuan pendidikan paling lambat tanggal 8 Juni 2013

Tetapi merujuk kebiasaan menjelang pengumuman UN SMP dan SMA dan bungkamnya Kemendikbud hingga Jumat malam, rumor tentang kemungkinan ditundanya pengumuman hasil UN SD pun beredar di ibu kota dan terus meluas hingga daerah.

Simak berita menarik lainnya : http://digital.solopos.com/file/07062013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya