SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Konvoi Kelulusan JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Ilustrasi Konvoi Kelulusan
JIBI/Harian Jogja/Antara

BANTUL-Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah berkoordinasi dengan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) untuk mencegah adanya arak-arakan motor siswa seusai pengumuman Ujian Nasional (UN) 24 Mei nanti.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji Kadarmanta, Selasa (21/5) mengatakan pencegahan akan diserahkan kepala sekolah masing-masing. Tapi jika kepala sekolah tak bisa mengatasi, maka Dirlantas akan membantu.

“Dirlantas DIY juga sudah aktif berkoordinasi dengan kita sehingga nanti pada saat kelulusan akan mengatur jalan jika memang ada siswa yang dinyatakan lulus tetap melakukan konvoi,” katanya.

Selain itu, kata dia, bila pihak sekolah tidak bisa mengatasi siswa untuk mencegah konvoi pascakelulusan, pihaknya juga sudah meminta kepolisian untuk terbuka memberi bantuan sekolah-sekolah yang dinilai terdapat siswa bandel.

“Memang tidak ada hukuman bagi siswa yang melakukan konvoi atau arak-arakan, namun jika mengarah pada perbuatan anarkis atau merusak tentu urusan pada polisi karena merupakan tindakan kriminal,” katanya.

Sementara itu, terkait aksi coret-coret baju yang sudah menjadi tradisi para siswa, ia mengatakan, sebaiknya tidak dilakukan namun seragam bisa dikumpulkan untuk dibawa ke panti atau siapa yang membutuhkan.

“Pihak sekolah juga sudah kami minta, kalau ada siswa yang ingin melakukan coret-coret maka sekolah bisa meyediakan tembok dan kain untuk meluapkan ekspresi, karena kalau pada baju dan rambut kan sayang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya