SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi. (Istimewa/Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) tidak akan melakukan penyekatan di wilayah perbatasan atau jalur keluar-masuk wilayah Jateng saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (nataru) nanti.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, Sabtu (27/11/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Enggak ada [penyekatan]. Adanya cek poin untuk yang pergi dan masuk ke Jateng. Apakah [mereka] dilengkapi surat-surat seperti sudah divaksin dan antingen, termasuk saat PPKM [level 3] nanti,” ujar Kapolda Jateng dalam rekaman suara yang diperoleh Solopos.com dari Bidhumas Polda Jateng.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: PPKM Level 4 di Klaten: Alun-alun Boleh untuk Jualan, Penyekatan Jalan Protokol Masih Diberlakukan

Cek poin, lanjut Kapolda Jateng, akan dilakukan di sejumlah jalur yang tingkat mobilitas atau pergerakan masyarakat tinggi seperti jalan tol, rest area, dan jalur-jalur perbatasan kabupaten/kota.

Sementara itu sebagai persiapan menghadapi Nataru, Polda Jateng rencana juga menggelar Operasi Lilin Candi mulai 24 Desember 2021 hingga 9 Januari 2022. Namun sebelum Operasi Lilin Candi, Polda Jateng akan menggelar serangkaian kegiatan rutin Kepolisian yang ditingkatan atau KRYD.

“Nanti kita juga minta kepada masyarakat di pedesaan untuk memantau atau mengawasi warganya yang datang dari luar daerah. Nanti dicatat dan dilaporkan ke Babinsa maupun Bhabinkamtibmas untuk dilakukan evaluasi,” ujar Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng berharap dengan adanya Operasi Lilin Candi dan KRYD mobilitas masyarakat di Jateng bisa terkendali. Hal itu akan menekan laju persebaran Covid-19 hingga kekhawatiran akan datangnya gelombang ketiga Covid-19 tidak terjadi.

Baca juga: PNS Telanjur Ajukan Cuti Libur Nataru, BKN Minta Batalkan

Demi menekan penularan Covid-19, Polda Jateng juga terus mengencarkan kegiatan vaksinasi. Saat ini Polda Jateng mendapat jatah 49.000 dosis vaksin yang disebar di 53 lokasi di Jateng.

Dengan distribusi vaksin sebanyak itu, Luthfi pun berharap capaian vaksinasi di Jateng hingga akhir tahun nanti telah mencapai 100%, atau herd immunity.

“Saat ini capaian vaksinasi di Jateng sudah 70,20%. Artinya, target dari Presiden pada bulan Desember sudah terlampau. Tapi, kita tetap harus memaksimalkan vaksinasi itu supaya kekebalan komunal [herd immunity] tercapai,” jelas Kapolda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya