SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 bocor sebelum dirilis resmi. Beberapa siswa peserta SNMPTN sudah dapat mengakses laman http://pengumuman.snmptn.ac.id/, Jumat (22/3/2019) pagi.

Padahal sesuai rencana, laman tersebut baru bisa diakses Jumat sore pukul 16.00 WIB. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir menyatakan laman tersebut telah diretas (hack).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nasir menjelaskan pengumuman SNMPTN 2019 sempat bocor atau bisa diakses sebelum rilis resmi muncul. Karena itulah, jadwal pengumuman dimajukan menjadi pukul 13.00 WIB.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pengumuman seharusnya dijadwalkan pukul 16.00 WIB, tetapi pada pukul 05.00 WIB laman pengumuman sudah bisa diakses. Akhirnya pengumuman resmi diajukan dan dapat diakses pukul 13.00 WIB. Semua upaya sudah kami lakukan bahkan security system sudah dibangun dengan baik. Kami sedang melacak siapa yang hack laman pengumuman SNMPTN,” ujar M. Nasir saat konferensi pers Hasil SNMPTN 2019 di Jakarta seperti disiarkan akun Youtube LTMPT Ristekdikti, Jumat (22/3/2019).

Nasir mengatakan sudah membuat double security system yang baik. Hacker hanya membuka akses pengumuman dan kemudian ditutup lagi.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi, mengakui pengumuman SNMPTN 2019 dimajukan jadi pukul 13.00 WIB. Tadinya hasil SNMPTN 2019 akan disiarkan pada Jumat pukul 16.00 WIB.

“Saya meminta maaf atas kebocoran pengumuman yang dapat diakses pukul 05.00 WIB hingga 06.00 WIB. Bagi yang tadi pagi sudah mengecek pengumuman diarahkan untuk melihat lagi pada pukul 13.00 WIB nanti karena yang tadi pagi keluar itu belum resmi dari kami,” ujarnya.

Salah satu peserta SNMPTN 2019 Regina Ambarwati, siswi Kelas XII SMAN 1 Solo, mengaku sempat ragu ketika melihat hasil pengumuman di laman pengumuman resmi karena sejauh yang ia ketahui pengumuman SNMPTN baru bisa diakses pada Jumat sore.

“Saya bisa membuka laman pengumuman pukul 05.30 WIB. Awalnya ragu, tapi setelah menelepon teman saya masih ada yang belum bisa mengakses,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di gerbang SMAN 1 Solo, Jumat.

Ia mengatakan SNMPTN secara resmi baru diumumkan pukul 13.00 WIB. “Katanya laman pengumumannya di-hack. Solusinya panitia memajukan jam pengumuman,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya