SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

Solopos.com, SOLO– Universitas Sebelas Maret (UNS) menerima 2.542 orang dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014. Hasil seleksi SBMPTN 2014 sendiri dumumkan secara online dari pusat pada 16 Juli pukuk 17.00 WIB.

Ketua Panita Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Sutarno, mengatakan persiapan pengumuman SBMPTN di pusat sudah dilaksanakan sejak awal pekan ini. “Jadi sejak 3 hari yang lalu sudah dilaksanakan rapat di Jakarta dengan semua perguruan tinggi di Indonesia. Saat ini di perguruan tinggi sudah mendapatkan data kelukusannya. Hanya saja data itu tidak boleh diumumkan sebelum panitia pusat mengumumkan,” jelas dia saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (16/7/2014).

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Namun Pembantu Rektor I UNS tersebut mengatakan UNS akan mengambil 2.542 calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN tersebut. Seperti disampaikan sebelumnya, jumlah pendaftar SBMPTN yang melalui UNS sebanyak 19.172 orang. “Di UNS sendiri secara umum ketetatan penerimaan mahasiswa baru mencapai 1,47 persen hingga 21 persen,” papar dia.

Sutarno mencontohkan untuk Program Studi Informatika keketatan mencapai 1,47 persen. Dari 1.608 pendaftar diterima 24 orang. Kemudian di Farmasi, keketatan mencapai 1,71 persen. Sebab dari 1.758 pendaftar hanya diterima 30 orang.

Sutarno melanjutkan, dari peserta SBMPTN yang lolos seleksi tersebut, 590 orang di antaranya mendaftar Bidikmisi. Dengan demikian jumlah mahasiswa baru penerima Bidkmisi yang masuk di UNS sudah lebih dari 1000 orang. “Jadi 590 orang itu ditambah 618 orang dari SNMPTN [Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri],” terang dia.

Sebelumnya diinformasikan bahwa jumlah peseta SBMPTN yang terdaftar di Panlok 44 UNS tahun ini sebanyak 19.172 orang. Jumlah tersebut terdiri dari peserta program Saintek sebanyak 7.845 orang, program Soshum sebanyak 8.512 orang, dan program Campuran sebanyak 2.815 orang. Namun tidak seluruhnya mengikuti ujian tulis. Ada 1.228 peserta yang absen pada pelaksanaan ujian yang hanya digelar Selasa (17/6) lalu. “Jadi memang cukup banyak yang tidak masuk,” ungkap Rektor UNS, Ravik Karsidi, Selasa (17/6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya