Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.

 Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2018. (jogjaprov.go.id)

SOLOPOS.COM - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) tahun 2018. (jogjaprov.go.id)

Solopos.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan menyelenggarakan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Kegiatan ini bagian peringatan hari jadi ke-265 Kota Jogja. WJNC akan berlangsung di Stadion Mandala Krida pada 7 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko, mengatakan WJNC kali ini bertema Semar Boyong. Bercerita tentang Poncowati yang terkena pagebluk. Namun dalam perjalanannya, keadaan ini bisa membaik saat Semar memulihkan dengan Kembang Wijaya Kusuma dan Cangkok Wijaya Mulya.

Pemilihan cerita ini sebagai simbolisasi upaya Pemkot Jogja dalam memperbaiki keadaan di masa pandemi. Perbaikan ini dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

“Konsep pertunjukan dilaksanakan dengan konsep hybrid event atau even bauran luring dan daring. Melibatkan 14 kemantren [Kecamatan] dengan format tapping interaktif, yang akan disiarkan melalui media sosial yakni Youtube, Instagram, dan Tik Tok. Serta akan menggandeng influncer media sosial,” kata Wahyu dalam workshop WJNC di Alana Hotel, Jogja, Selasa (21/9/2021).

Peserta Harus Sudah Divaksin

Seluruh penyelenggara akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Selain itu, mereka minimal sudah vaksin dosis pertama. Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan meski acara berlangsung secara daring, namun ada harapan untuk mengulang kesuksesan di tahun-tahun sebelumnya.

“WJNC telah ditetapkan sebagai Calendar of Event (COE) Nasional dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ini event atau ajang promosi pariwisata seni dan budaya tingkat nasional di Indonesia yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya,” kata Haryadi.

Baca Juga: Tak Perlu ke Jepang, Menikmati Mini Tokyo Bisa ke Dlingo Bantul Hlo

Penyelenggaraan di masa pandemi juga menjadi tantangan, bukan hambatan. Selain tetap taat prokes, penyelenggara juga berupaya membuatnya tetap meriah dan penuh warna. Kegiatan ini nantinya bisa menjadi salah satu bentuk promosi wisata di Kota Jogja.

“WJNC adalah sebuah acara yang menjadi ikon bagi pariwisata Kota Jogja, sebagai puncak panggung kreativitas seni budaya, sebagai sarana ekspresi cita, rasa, serta karsa bagi segenap seniman dan penggiat seni budaya Kota Jogja,” kata Haryadi.


Berita Terkait

Berita Terkini

Terungkap! Mahasiswi di Sleman Minum Racun Tikus Gegara Tugas Kuliah

Mahasiswi di Sleman yang ditemukan meninggal dunia di kamar indekos diduga melakukan bunuh diri dengan cara minum racun tikus.

Diduga Minum Racun Tikus, Mahasiswi di Sleman Ditemukan Meninggal

Seorang mahasiswi perguruan tinggi swasta di Sleman, Yogyakarta diduga nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun tikus.

Siap-Siap! 31 Objek Wisata di Kulonprogo Akan Dibuka, Ini Daftarnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo bersiap membuka 31 objek wisata andalannya secara terbatas.

Mau ke Pantai di Bantul? Cek Dulu Jadwal Ganjil Genap di Objek Wisata

Pemkab Bantul sudah menerapkan kebijakan ganjil genap kendaraan di sejumlah objek wisata ikonik di Kabupaten Bantul.

Pilu, 4 Tahun Asmara Nani Satai Beracun Digantung Aiptu Tomi

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Aprilliani Nurjaman, pilu mendengar pernyataan Aiptu Tomi, yang hadir sebagai saksi pada persidangan kasus satai beracun di PN Bantul, Kamis (21/10/2021).

Selang 18 Menit, Gempa M 4,8 Guncang Laut Selatan Yogyakarta

Gempa bumi juga terjadi di laut selatan Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (22/10/2021) pukul 09.39 WIB.

Banjir Lahar Merapi Mengintai, BPBD Sleman Tambah Sensor EWS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sleman mewaspadai potensi banjir lahar hujan Merapi saat cuaca ekstrem.

Dorong Pemulihan Ekonomi, 4.500 PKL dan Warung di Bantul Terima Bantuan

Kodim 0729 Bantul menyalurkan bantuan tunai untuk 4.500 PKL dan warung di Kabupaten Bantul pada Rabu (13/10/2021) untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Pelaku Pencabulan Anak Tiri di Gunungkidul Tak Ditahan, Kok Bisa?

Seorang pria di Gunungkidul, Yogyakarta ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pencabulan terhadap anak tiri hingga hamil.

Duh! Pelaku Perusakan Bus Arema FC Masih di Bawah Umur & Tenggak Miras

Pelaku perusakan bus milik Arema FC di sebuah hotel di Kota Jogja yang diringkus polisi masih di bawah umur dan dipengaruhi minuman keras (miras).

Sambil Menahan Tangis, Ini Pesan Nani Satai Beracun untuk Aiptu Tomi

Terdakwa Satai Beracun, Nani Aprilliani Nurjaman, menahan tangis sembari menyampaikan terima kasih kepada Aiptu Tomi atas cinta, kasih sayang, tetapi menyimpan kebohongan.

Bus Arema FC Dirusak, Pelaku Bawa Spanduk 'Persebaya Ekstrem'

Bus pemain Arema FC yang terparkir di sebuah hotel di Kota Jogja dirusak sejumlah orang yang diduga oknum Persebaya Surabaya.

Geger! Bayi Laki-Laki dalam Kardus di Teras Panti Asuhan Anak Siapa?

Penghuni Panti Asuhan Yapitu di Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul gempar, Rabu (20/10) malam, karena kardus misterius di kursi teras berisi bayi laki-laki.

Pelaku Tabrak Lari di Sleman Belum Ditetapkan Tersangka, Kok Bisa?

Seorang perempuan menjadi korban kecelakaan tabrak lari di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pelaksanaan PTM Tingkat SMP Di Kulonprogo Sudah 90 Persen

Capaian angka sebesar 90 persen untuk pelaksanaan PTM di level SMP menjadi angin segar dunia pendidikan di Kulonprogo.

Besok, Sekolah-Sekolah di Sleman yang Gelar PTM akan Di-Swab

Disdik Sleman akan menggelar sampling tes swab bagi siswa dan guru di sekolah yang menggelar PTM. Tes swab ini akan digelar di tiga kapanewon (kecamatan).