Warga antre mengurus pajak kendaraan bermotor di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Solo. (Solopos-Dok)

Solopos.com, SOLO — Material pelat nomor kendaraan telah tersedia di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Solo. Persediaan material pelat nomor dipastikan cukup hingga Desember mendatang.

Kasi Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat Kota Solo, Nurma Riyanti, Rabu (4/9/2019), membenarkan material pelat kendaraan untuk roda dua dan empat Samsat Kota Solo sempat kosong pada bulan Agustus.

Menurutnya, hal itu terjadi di seluruh Indonesia sedangkan pengadaan material dari Korlantas Polri. Namun, kini sebanyak 9.000 material pelat nomor untuk kendaraan roda dua dan 4.500 material pelat nomor roda empat telah tersedia.

“Sejak pekan ini material pelat nomor sudah tiba dan persediaan sangat cukup. Masyarakat yang telah membayar pajak dapat segera mengambil pelat nomor di Kantor Samsat Kota Solo dengan membawa bukti nota pajaknya,” ujarnya.

Salah seorang warga Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Suryadi, Solo saat ditemui solopos.com di Kantor Samsat Solo, Rabu, mengatakan telah dapat mengambil pelat nomor roda duanya pada pekan ini.

Ia memperoleh informasi mengenai ketersediaan pelat nomor dari rekan-rekannya yang beberapa hari lalu membayar pajak kendaraan. Ia mengaku membayar pajak pada bulan Juli dan memperoleh keterangan bahwa material pelat nomor sedang habis dan dapat diambil sekitar tiga bulan setelahnya.

“Sekarang sudah dapat diambil tinggal menunggu sebentar saja,” ujarnya.

Pada bagian lain, Kanit Registrasi dan Identifikasi Satlantas Polresta Solo, AKP Rikha Zulkarnaen, mengatakan saat ini material surat izin mengemudi (SIM) sedang kosong dikarenakan ada wacana untuk mengubah SIM menjadi Smart SIM.

Menurutnya, ketika Smart SIM sudah diluncurkan kemungkinan para pemegang SIM Sementara akan memperoleh SIM jenis baru.

“Rencananya launching Smart SIM 22 September tapi kepastiannya kami masih menunggu. Kalau kekosongan material SIM kami juga masih menunggu persediaan material SIM itu,” ujarnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten