Pengumuman! Layanan Imigrasi Semarang Akan Permanen di MPP Grobogan

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang berencana membuka layanan imigrasi secara definitif di Mal Pelayanan Publik Grobogan.

 Pemohon paspor di layanan Imigrasi yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang di Mal Pelayanan Publik Grobogan, Simpang Lima Purwodadi, Rabu (18/5/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

SOLOPOS.COM - Pemohon paspor di layanan Imigrasi yang diselenggarakan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang di Mal Pelayanan Publik Grobogan, Simpang Lima Purwodadi, Rabu (18/5/2022). (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, PURWODADI – Tingginya minat masyarakat untuk mengurus paspor di Kabupaten Grobogan menjadikan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang berencana membuka layanan imigrasi secara definitif di Grobogan.

Untuk saat ini, menurut Kepala Sub Seksi Teknologi Informasi Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Semarang, Raden Satrio Wibowo, masih menerapkan layanan Si Semar Paling Paten.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

“Si Semar Paling Paten atau Imigrasi Semarang Paspor Keliling Pelayanan Kota dan Kabupaten adalah layanan paspor yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang di beberapa kabupaten dan kota,” jelas Satrio kepada Solopos.

Menurut Satrio, karena masih bersifat sementara maka Si Semar Paling Paten dilaksanakan di Kabupaten Grobogan hanya dua hari, setiap bulannya.

“Layanan permohonan paspor dari Kantor Imigrasi Semarang dilaksanakan di Mal Pelayanan Publik dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Grobogan,” ujarnya di Mal Pelayanan Publik Grobogan, Rabu (18/5/2022).

Baca juga: Ternyata Ini Jabatan Pegawai Kecamatan Ngaringan Yang Nilap Bansos PKH

Menurut Satrio, kendati dilaksanakan dua hari setiap bulannya namun animo masyarakat sangat tinggi untuk mengurus paspor. Apalagi di saat ini ketika kasus Covid-19 sudah mulai terkendali.

“Mungkin dulu saat pandemi masyarakat masih enggan, namun ketika saat ini sudah mulai normal pemohon paspor meningkat siginifikan,” jelasnya.

Meningkatnya jumlah pemohon paspor di Mal Pelayanan Publik selain kondisi yang mulai normal, menurut Satrio juga dipengaruhi kebijakan Arab Saudi mengenai ibadah umroh.

“Pemohon paspor untuk ibadah, yakni ibadah umroh memang meningkat sekira 70-80 persen dibandingkan saat pandemi,” ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Longgarkan Pemakaian Masker, Ini Saran Ganjar

Melihat animo masyarakat yang tinggi ini, Satrio mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang akan membuka layanan keimigrasian secara definitif atau permanen di Mal Pelayanan Publik Grobogan.

Tujuannya, untuk mengurangi jumlah antrean di Kantor Imigrasi Semarang juga untuk mendekatkan pelayanan paspor ke masyarakat.

“Saat ini sedang kita persiapkan sambil menunggu grand launching Mal Pelayanan Publik Grobogan dari Dinas PMPTSP Grobogan. Diperkirakan Juni jika tidak ada perubahan,” jelas Satrio.

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Satpol PP Kota Semarang Gelar Razia, 18 PSK Terjaring

Belasan PSK terjaring razia yang digelar Satpol PP di empat lokasi di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022) malam.

Operasi Patuh Candi, Angka Kecelakaan di Klaten Tertinggi se-Jateng

Data Ditlantas Polda Jateng menyebutkan angka kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten tertinggi se-Jateng selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022.

Kilas Balik Teror Bom Ledakkan Patung Buddha dan Stupa Candi Borobudur

Sembilan dari 72 stupa yang di dalamnya terdapat patung Buddha di Candi Borobudur Magelang pernah menjadi sasaran teror bom yang diledakkan pada Senin, 21 Januari 1985.

Tumpahan Minyak Cemari Sungai di Cilacap, Ini Kata Pertamina

Tumpahan minyak mentah milik Pertamina Cilacap tumpah dan mencemari Sungai Donan di Kabupaten Cilacap.

Beli Minyak Goreng Pakai Pedulilindungi, Ini Kata Bakul Pasar Semarang

Pedagang atau bakul pasar di Kota Semarang menilai penerapan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk beli minyak goreng dinilai menyusahkan.

Anak Main Korek Api, Rumah Warga Godong Nyaris Terbakar

Rumah milik warga Godong, Kabupaten Grobogan nyaris terbakar gegara anak laki-lakinya bermain korek api di kamar, Selasa (28/6/2022).

12 Gerai Holywings di Jakarta Ditutup, Begini Nasib yang di Semarang

Gerai Holywings di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan juga ikut ditutup imbas promo miras yang dilakukan Holywings Jakarta.

Operasi Patuh di Jateng Berakhir, Ini Daerah Pelanggaran Tertinggi

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, menyebut Kendal menjadi daerah dengan angka pelanggaran lalu lintas tertinggi selama Operasi Patuh Candi 2022.

Kreatif! Warga Semarang Lukis Bung Karno dengan Padi di Sawah

Petani Desa Bergas Lor, Kabupaten Semarang, membuat lukisan Bung Karno dengan media padi di area persawahan untuk menyambut Bulan Bung Karno.

Terima 5.000 Dosis Vaksin PMK, Disnakkan Grobogan: Masih Kurang

Terima 5.000 dosis vaksin PMK dinilai masih kurang banyak mengingat jumlah hewan ternak sapi dan kerbau di Grobogan mencapai 207.000 ekor.

Simak! Ini Beda Congyang Semarang dengan Ciu Bekonang Sukoharjo

Ciu Bekonang Sukoharjo dengan congyang asal Semarang dua minuman keras atau miras produk dalam negeri atau lokal yang memiliki sederet perbedaan.

Pesugihan Nyi Blorong di Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong di Kebumen, Jawa Tengah, menyimpan kisah misteri tentang ritual pesugihan Nyi Blorong.

Waduh! Bayi Stunting di Salatiga Bertambah, Ini Sebabnya

Angka stunting pada bayi di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), mengalami peningkatan selama tahun 2021.

Upgris Gelar Festival Rebana Jateng, Ini Daftar Pemenangnya

Univesitas PGRI Semarang atau Upgris menggelar Festival Rebana Jateng dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-41.

Unik! Jelang Sakramen, Jemaat Gereja di Semarang Ini Kunjungi Wihara

Ratusan jemaat Gereja Santa Theresia di Kota Semarang yang hendak menjalani sakramen diajak berkunjung ke Vihara Tanah Putih.