SOLOPOS.COM - Ilustrasi (sesawi.net)

Harianjogja.com, KULONPROGO– Pesta kelulusan SMA/SMK/MA di Kulonprogo diwarnai berbagai kegiatan, mulai bakti sosial hingga aksi corat-coret seragam dan konvoi di jalan raya.

Seperti yang dilakukan para siswa kelas XII SMAN 1 Temon di RS Rizki Amalia Temon, Puskesmas Temon, dan pondok pesantren. Mereka membagikan 250-an nasi bungkus berisi sayur dan telur dadar, sebagai bentuk ucapan syukur atas keberhasilan menempuh ujian.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Guru BK SMAN 1 Temon, Aris Suwasana, menuturkan, kegiatan ini baru pertama kali dilakukan untuk meminimalkan dampak perayaan kelulusan yang kurang bermanfaat, seperti corat-coret seragam maupun konvoi.

“Dinas Pendidikan memang sudah mengizinkan konvoi, tetapi kami memilih untuk bakti sosial saja,” ujarnya. Kegiatan yang dilakukan setelah pengumuman hasil UAN tersebut diikuti seluruh siswa Kelas XII.

Sebelumnya, tiap Senin seusai pelaksanaan UAN, siswa SMAN 1 Temon juga melakukan bakti sosial berupa kerja bakti di beberapa tempat layanan umum, seperti balaidesa, pondok pesantren, dan sebagainya.

Salah satu siswa SMAN 1 Temon, Ria Dina Pertiwi, 18, mengungkapkan, kegiatan seperti ini lebih berguna ketimbang sekadar konvoi di jalan. “Ada hasil nyatanya kalau bakti sosial seperti ini, bisa menolong sesama,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya