SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa (thitup.com)

Pendidikan Wonogiri kali ini terkait ratusan siswa SMA di Wonogiri yang diterima di perguruan tinggi tanpa tes.

Solopos.com, WONOGIRI – Ratusan pelajar SMA di Wonogiri diterima di perguruan tinggi (PT) tanpa tes. Sementara dalam pengumuman kelulusan tahun ini semua anak didik jenjang  SMA/SMK/MA dinyatakan lulus 100%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Total siswa yang otomatis diterima kuliah sebanyak 345 orang atau sekitar 12,52% dari total 2.755 pelajar jenjang SMA di Wonogiri.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri, Siswanto, saat ditemui di sela-sela memantau distribusi naskah soal ujian sekolah jenjang sekolah dasar (SD) di Kantor Koperasi Pendidik Wonogiri, Jumat (15/5/2015).

“Tolok ukur kualitas sekolah jenjang SMA salah satu indikatornya jumlah anak didik yang diterima di perguruan tinggi baik tanpa tes maupun dengan mengikuti tes. Sedangkan tolok ukur kualitas jenjang SMK salah satu indikatornya jumlah anak didik yang bekerja di dunia usaha atau dunia industri (Dudi),” ujar Siswanto.

Kabid SMP/SMA Disdik Wonogiri, Ponco Hawarno menambahkan, pihaknya harus menelepon satu per satu sekolah untuk menghimpun data anak didik yang diterima di perguruan tinggi.

“Data anak didik yang bisa melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi bisa menjadi salah satu analisa kebutuhan anak didik,” beber dia.

Pada bagian lain, Ponco mengatakan, tahun ini hanya seorang anak didik yang meraih nilai 10, yakni Hana Luthfia, pelajar SMAN 1 Wonogiri. “Jumlah itu turun 50% dibanding setahun lalu, di mana tahun 2014 terdapat dua anak didik yang meraih nilai 10,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya