SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi nama kabinet pemerintahannya bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan bekerja selama lima tahun mendatang, 2014-2019, dengan nama Kabinet Kerja.

“Pada sore hari ini, kabinet baru sudah terbentuk dan kami beri nama Kabinet Kerja, ” ujar Jokowi membuka pidato pengenalan kabinetnya dalam acara yang dihelat di halaman tengah Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (26/10/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Presiden Jokowi memperkenalkan satu per satu anggota kabinetnya di hadapan para wartawan dengan disertai biografi singkat masing-masing tokoh itu. Turut mendampingi Presiden Jokowi mengumumkan susunan kabinetnya adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Sebelumnya, pengenalan kabinet itu dijadwalkan berlangsung pukul 16.00 WIB. Nyatanya, Jokowi dengan diiringi Jusuf Kalla justru meklangkah memasuki Wisma Negara dengan pengawalan ketat Paspampres dan pengumuman pun baru diundur hingga 17.00 WIB.

Molor lagi dari jadwal kedua itu, pada kenyataanya, Jokowi baru tampil di hadapan kamera wartawan pada pukul 17.20. Seperti membaca banyaknya media yang membandingkan lamanya Jokowi-JK mengumumkan kabinet dibandingkan presiden sebelumnya, Jokowi pun berkilah.

“Oleh undang-undangm, kami diberi waktu 14 hari. Anggota Kabinet Kerja kami umumkan enam hari setelah kami dilantik, lebih cepat delapan hari dari batas waktu yang diberikan UU Kementerian Negara,” tukasnya.

Ia menegaskan waktu yang berlalu dalam pembentukan kabinet itu semata-mata karena ingin berhati-hati demi mendapatkan orang-orang yang terpilih dan bersih. “Saya lakukan dengan hati-hati dan cermat,” ujarnya diulang dua kali.

“Ini menjadi keutamaan karena kabinet ini akan bekerja selama lima tahun dan kami ingin mendapatkan orang-orang yang terpilih, orang-orang yang bersih sehingga kita mengonsultasikan kepada KPK dan PPATK karena kita ingin akurat dan tepat,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa 34 tokoh tersebut dipilih selain berdasarkan kemampuannya pada bidang masing-masing juga atas dasar kemampuan kepemimpinan dan manajerialnya.

Selanjutnya, sejumlah tokoh nasional yang berdatangan ke kompleks Istana Kepresidenan sejak pukul 14.00 WIB para dengan “seragam” kemeja putih lengan panjang sebagaimana busana yang dikenakan oleh presiden dan wakil presiden pun maju demi satu. Menurut rencana kabinet tersebut akan dilantik pada Senin (27/10/2014) besok. (JIBI/Solopos/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya