SOLOPOS.COM - Masyarakat mulai melintasi Jembatan Mojo, Solo, Jumat (2/12/2022). Setelah melalui masa perbaikan dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya pada Jumat (2/12/2022) Jembatan Mojo kembali dibuka. Dengan dibukanya kembali Jembatan Mojo yang menjadi akses utama dari arah Mojolaban, Sukoharjo ke Kota Solo maupun sebaliknya, warga tidak perlu lagi pusing mencari jalan alternatif lain. (Solopos.com/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLOJembatan Mojo yang menghubungkan Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, dengan Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, kembali ditutup pada Kamis (8/12/2022) mulai pukul 22.00 WIB hingga Jumat (9/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Jembatan Mojo kembali ditutup karena akan dilaksanakan uji kekuatan jembatan. Hal tersebut diumumkan Dinas Perhubungan (Dishub) Solo melalui akun Instagramnya @dishubsurakarta, Kamis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam unggahannya, pengelola akun tersebut menyebut Jembatan Mojo akan ditutup sementara hingga waktu yang sudah ditentukan. Secara terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Nur Basuki, juga mengonfirmasi informasi Jembatan Mojo akan ditutup sementara.

Dihubungi Solopos.com, Kamis (8/12/2022), Nur Basuki mengatakan penutupan itu memang sudah direncanakan untuk pengujian kekuatan jembatan setelah dioperasikan kembali seusai perbaikan pada 2 Desember lalu.

“Jadi memang sudah kami alokasikan untuk melakukan uji Jembatan Mojo. Awalnya memang rencananya setelah Jembatan Mojo dibuka,” urai Nur Basuki.

Baca Juga: Jembatan Mojo Dibuka Kembali, Ini Potret Ramainya Lalin di Jl Kyai Mojo Solo

Pengujian Jembatan Mojo dilakukan oleh perwakilan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Lembaga ini pula yang menjadi inventor jembatan dengan sistem pelat baja ortotropik.

Perwakilan dari Kementerian PUPR tersebut akan melakukan evaluasi terkait hasil dari perbaikan Jembatan Mojo sekaligus uji beban. “Kami menunggu jadwal dari perwakilan dari Kementerian PUPR untuk bisa melakukan pengecekan di Jembatan Mojo. Awalnya kami alokasikan setelah dibuka, tetapi jadwal dari mereka baru bisa sekarang,” kata Nur Basuki.

Jembatan Mojo Solo sejatinya sudah kembali dibuka pada Jumat (2/11/2022) setelah sempat ditutup secara total mulai 26 September 2022 untuk perbaikan dan penggantian lantai. Sebelum diperbaiki, beberapa bagian pelat beton Jembatan Mojo pecah.

Baca Juga: Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

Karenanay perlu perbaikan pelat beton dan bantalan karet. Selain itu ada pengencangan baut sekaligus penguatan rangka baja. Dibutuhkan waktu selama dua bulan untuk mengerjakan Jembatan Mojo.

Tahap pengerjaan dimulai dengan pemasangan pelat jembatan dan dilanjutkan dengan pengaspalan jembatan. Setelah pemasangan panel lantai ortotropik baja dan baut pengencang rampung, pekerja mengecek kekuatan lantai jembatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya