Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Perdes Sragen Molor 9 Jam

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SRAGEN — Parkir mobil mengular di sepanjang jalan Sragen-Pungkruk depan Hotel Surya Sukowati Mungkung, Jetak, Sragen, Rabu (11/4/2018) malam. Mobil-mobil itu milik para kepala desa (kades) dan panitia mutasi perangkat desa  serta sejumlah pejabat Pemkab Sragen yang berkumpul di hotel tersebut.

Malam itu, Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjanjikan penyampaian hasil ujian kompetensi perangkat desa kepada para kades. Ratusan kades sudah berjejal di dalam aula hotel.

Beberapa kades lainnya memilih berada di luar. Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto dan Kabag Pemerintahan Desa Suharyanto tanpa membaur dan berbincang bersama beberapa kades. “Di luar saja, di dalam sudah penuh tak ada tempat duduk,” ujar salah satu kades asal Gesi saat bertemu Solopos.com, Rabu malam.

Jarum jam menunjuk pukul 21.00 WIB. Tim LPPM UNS yang terdiri atas empat orang bersiap di empat meja khusus di depan audiensi ratusan kades. Di depan meja mereka terdapat tumpukan amplop cokelat besar dan tebal yang siap dibagikan kepada kades atau panitia mutasi perangkat desa.

Amplop itu berisi hasil ujian kompetensi perangkat desa yang seharusnya dibagikan pada Rabu, pukul 12.00 WIB-13.30 WIB. Para kades sudah datang Rabu siang sesuai undangan. Bahkan ada yang hadir sebelum pukul 12.00 WIB.

Mereka terkatung-katung hingga pukul 14.00 WIB tanpa kejelasan. Mereka menunggu lagi hingga pukul 15.00 WIB, pukul 16.00 WIB, dan baru pada pukul 17.00 WIB ada kepastian informasi dari tim LPPM UNS yang memberi tahu hasil ujian kompetensi perangkat desa disampaikan pada pukul 21.00 WIB.

“Kalau sejak pukul 14.00 WIB sudah ada pemberitahuan situasinya tidak seperti itu. Banyak kades yang kesal dengan molornya pengumuman itu. Kalau pengoreksian belum selesai mestinya disampaikan sejak awal,” ujar Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Sragen, Sutrisno, kepada Solopos.com, Rabu malam.

Sebelum tim LPPM UNS membagikan hasil ujian kompetensi, Sekda Tatag Prabawanto menyampaikan sambutan untuk mengondisikan massa kades. “Apa pun hasilnya harus disampaikan malam ini dan inilah yang terbaik dari tes. Keterlambatan bukan karena ada sesuatu tetapi proses penilaian yang objektif sesuai Perda. Jadi hasilnya nanti langsung dibawa pulang dan langsung disampaikan ke peserta agar tidak terjadi kecurigaan,” ujar Sekda.

Tim LPPM UNS kemudian membagikan hasil ujian itu kepada para kades. Pembagian dilakukan dengan memanggil nama desa oleh petugas UNS per kawedanan. Ada empat petugas UNS yang membagikan hasil ujian kompetensi, masing-masing untuk wilayah eks-Kawedanan Gemolong, Gondang, Sragen, dan Tangen.

Setelah menerima hasil ujian itu para kades pun lunak dan langsung pulang ke desa mereka masing-masing untuk membagikan hasilnya kepada peserta pada malam itu juga. “Ini sudah dibagikan dan sudah tidak ada apa-apa. Keterlambatan karena penilaiannya saja belum selesai,” ujar Kades Jetak, Sidoharjo, Sragen, Siswanto.



Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Dikunjungi Kepala Bappenas, Bupati Karanganyar Curhat Pembangunan RSUD Enggak Kelar-Kelar

Bupati Juliyatmono meminta Kepala PPN/Bappenas membantu mengingatkan kementerian terkait soal penyelesaian pembangunan RSUD Karanganyar.

Haduh! Dua Cincin Nyangkut di Alat Kelamin Suami, Kok Bisa Sih?

Waduh seorang suami di Malaysia harus dilarikan ke rumah sakit karena alat kelami atau penisnya tersangkut dua buah cincin.

Pengerjaan Proyek Koridor Jl Juanda Solo Senilai Rp4,3 Miliar Molor, Kontraktor Didenda

Kontraktor pelaksana proyek koridor Jl Juanda Solo tahap II senilai Rp4,3 miliar dikenai denda sekitar Rp32 juta lantaran terlambat menyelesaikan pengerjaan proyek.

Ansari Kadir, Dulu Sering Gagal Bisnis Kini Punya 100 Outlet

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Tikus Pithi Disebut Organisasi Tak Jelas saat Lawan Gibran di Pilkada Solo, Tuntas Subagyo Berang

Tuntas Subagyo tersinggung dengan pernyataan Refly Harun yang menyebut Tikus Pithi sebagai organisasi tidak jelas saat melawan Gibran di Pilkada Solo.

Hukum Onani dengan Bantuan Istri dalam Islam, Apakah Diperbolehkan?

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai hukum onani dengan bantuan tangan istri menurut Islam. Apakah diperbolehkan atau dilarang?

Sponsor Persis Solo Berlimpah, Ini Jumlah dan Macamnya

Keberadaan Kaesang Pangarep bak magnet yang mendorong Persis Solo memiliki finansial berlimpah.

Hasil Liga 1 2021-2022: Derbi Kalimatan, Borneo FC vs Barito Putera Bermain Imbang 1-1

Barito Putera unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Muhammad Luthfi Kamal

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Petugas DLHK dan Polisi Klaten Cek Air Saluran Irigasi yang Berubah Merah, Hasilnya?

Petugas dari DLHK dan Polres Klaten mengambil sampel air di saluran irigasi yang sebelumnya dikabarkan berubah warna menjadi merah.

Pemkab Sukoharjo Bantu Biaya Pendidikan Anak Pasutri Tinggal di Kolong Meja Wedangan Kartasura

Pemkab Sukoharjo akan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak dari pasangan suami istri Cahyo Yulianto, 50 dan Wiwin Haryati, 48.

Gubernur Anies Larang Rokok Dipajang, Produsen Menjerit

Seruan Gubernur direalisasikan dalam bentuk penindakan oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Sponsor Berlimpah, Persis Solo Kewalahan Terima Tawaran Kerja Sama

Jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan, terhitung sudah 14 perusahaan yang mendukung Persis Solo musim ini.

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.