SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Solopos.com, SOLO – Mundurnya jadwal pengumuman CPNS 2013 bagi honorer diduga karena belum jelasnya formasi bagi honorer.

Hal itu diungkapkan Kasubid Dokumentasi dan Pengelolaan Data Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Lisino Soares, Jumat (24/1/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Diketahui tim seleksi akan mengambil 30% honorer terbaik di tingkat nasional atau setara 218.000 honorer. Di Solo sendiri terdapat 837 honorer yang bersaing memperebutkan kuota tersebut.

“Kendala ini cukup aneh mengingat pusat sudah mempersiapkan rekrutmen CPNS cukup lama.”

Lebih jauh, belum jelasnya formasi bagi tenaga honorer yang lolos juga menjadi penyebab molornya pengumuman tes.

Menurut Lisino, ketidakjelasan itu salah satunya akibat pembayaran gaji bagi K2 yang lolos nanti. Dari 218.000 honorer yang bakal menjadi CPNS, baru 100.000 kuota yang diusulkan memperoleh gaji dari APBN tahun ini.

“Sisanya kemungkinan baru diberikan tahun selanjutnya. Otomatis, pengangkatan PNS-nya pun bertahap,” sambung dia.

Kepala BKD, Hari Prihatno, mengatakan daerah tak bisa berbuat banyak menyikapi molornya pengumuman tersebut. Namun, pihaknya memastikan molornya proses CPNS tak merembet ke rekrutmen reguler.

Menurut Hari, saat ini proses sudah mencapai tahap pengusulan penetapan nomor induk pegawai (NIP) ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

“Pengangkatan CPNS dijadwalkan 1 Februari. Untuk waktu mulai bekerja, kami masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya