SOLOPOS.COM - Warga memadati Jl. Mayur Kusmato, Klaten saat digelarnya CFD. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Car free day (CFD) di ruas Jl. Mayor Kusmanto Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akan ditiadakan untuk sementara waktu atau diliburkan pada Minggu (10/7/2022).

Padahal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten baru saja membuka perdana CFD pada Minggu (3/7/2022). CFD pada Minggu (10/7/2022) ditiadakan menyusul bertepatan dengan Hari Raya Iduladha 1444 H. CFD bakal kembali digelar pada Minggu (17/7/2022).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara itu, Pemkab Klaten mengevaluasi pelaksanaan CFD pada Minggu (3/7/2022). Secara umum, tak ada perluasan ruang untuk kegiatan CFD di Jl. Mayor Kusmanto. Ruas jalan yang dimanfaatkan untuk CFD seperti semula, yakni dari simpang empat Pandanrejo hingga simpang lima Bramen.

Ekspedisi Mudik 2024

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan antusiasme pengunjung dan pedagang sangat tinggi pada tahap awal pelaksanaan CFD. Hal itu terlihat dari pengunjung maupun pedagang yang berjualan di area CFD membeludak.

“Dari [Organisasi Perangkat Daerah] OPD terkait mengusulkan memperpanjang jalur CFD. Tetapi, memang tidak perlu diperpanjang. Cukup itu saja. Kami bermain cantik saja untuk strategi penataan pedagang,” kata Mulyani saat ditemui di Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Senin (4/7/2022).

Baca Juga : Waduh, Sampah Berserakan saat CFD Perdana di Klaten

Mulyani juga memastikan durasi pelaksanaan CFD tak akan diperpanjang atau sesuai pelaksanaan selama ini, yakni dari pukul 05.00 WIB-09.00 WIB. Hal itu mempertimbangkan ruas Jl. Mayor Kusmanto menjadi salah satu jalur utama di Klaten.

Dia juga menekankan ihwal pengelolaan sampah di CFD agar tak lagi berserekan di kawasan tersebut. Bupati mengimbau pedagang dan pengunjung untuk tetap menjaga kebersihan kawasan CFD. Mulyani menjelaskan kebersihan kawasan CFD menjadi tanggung jawab bersama.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, mengatakan pengelolaan sampah menjadi salah satu evaluasi pelaksanaan CFD di Jl. Mayor Kusmanto. “Dari sisi pedagang kami imbau untuk teka resik mulih resik [datang bersih, pulang bersih]. Untuk pengunjung, kami akan siapkan tempat sampah yang representatif,” jelas Jajang.

Kantong parkir di area CFD juga dievaluasi. Jajang menjelaskan Dishub kembali memetakan kantong-kantong parkir di kawasan CFD. Seperti diberitakan sebelumnya, CFD Klaten yang digelar saban Minggu kembali dilaksanakan setelah dua tahun ditiadakan gara-gara pandemi Covid-19.

Baca Juga : Ribuan Warga Serbu CFD Jl. Mayor Kusmanto Klaten, Begini Suasananya

Namun, lokasi CFD untuk sementara dipindah dari Jl. Pemuda ke Jl. Mayor Kusmanto. Pemindahan lokasi CFD itu lantaran proyek penataan Alun-alun Klaten yang berada di tepi Jl. Pemuda. Pada Minggu pertama CFD di Jl. Mayor Kusmanto, pengunjung maupun pedagang membeludak. Mereka membanjiri kawasan Jl. Mayor Kusmanto sedari pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya