Tutup Iklan

Pengumumam, Di Jogja Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal

Sesuai Inmendagri Nomor 43/2021, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal.

 Ilustrasi. Nuansa budaya China ciri khas etnik Tionghoa di mal kala Imlek tiba. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Nuansa budaya China ciri khas etnik Tionghoa di mal kala Imlek tiba. (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Kota Jogja menjadi satu dari sejumlah wilayah di Pulau Jawa yang melonggarkan aturan di kawasan pusat perbelanjaan atau mal di masa perpanjangan PPKM level 3.

Melalui Inmendagri Nomor 43/2021 tentang PPKM di Jawa dan Bali. Pemerintah memutuskan untuk memperbolehkan anak usia 12 tahun ke bawah masuk ke mal dengan sejumlah persyaratan.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jogja, Heroe mengatakan, Kota Jogja dipilih menjadi salah satu wilayah yang menerapkan uji coba di kawasan mal. Ini sejalan dengan keadaan pandemi Covid-19 yang sudah mulai terkendali di wilayah itu. Heroe memaparkan bahwa, beberapa pekan terakhir kasus harian Covid-19 di wilayahnya bahkan hanya di angka 15 pasien.

Baca juga: Pengelola Objek Wisata di Jogja Keberatan Aturan Ganjil Genap

Di sisi lain peningkatan vaksinasi harian juga semakin cepat, kemudian peningkatan kesembuhan, serta tingkat kematian turun. Tak hanya itu tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 juga menurun di sejumlah rumah sakit rujukan. Heroe juga merujuk data Kementerian Perdagangan yang menyatakan bahwa tingkat kepatuhan prokes di mal mencapai 95-97 persen di wilayahnya.

“Kondisi sangat kondusif sekarang. Cuma memang di masa seperti ini jangan mengabaikan prokes. Meskipun sudah diizinkan 12 tahun ke bawah masuk ke mal. Harapannya bisa menghidupkan geliat ekonomi menjadi normal,” ungkap Heroe, Selasa (21/9/2021).

Heroe tetap mewanti-wanti agar masyarakat tidak lengah dan bereuforia dengan pelonggaran ini. Dia berharap skema pelonggaran yang diberlakukan pemerintah bisa memicu geliat perekonomian sambil tetap berhati-hati terhadap potensi lonjakan kasus.

Baca juga: Miris, Gadis di Bawah Umur Dijual ke Pria Hidung Belang

Pengunjung Mal di Jogja Tetap Prokes

“Dengan menggunakan aplikasi Pedulilindungi juga kita sudah tahu kondisi tubuhnya aman atau kondisi yang beresiko. Di luar kita juga berusaha mengendalikan orang yang berkunjung ke Jogja. Berkunjung ke mal ke tempat wisata yang sudah diperbolehkan itu tetap menjaga prokes,” kata dia.

Dalam Inmendagri Nomor 43/2021 tentang PPKM di Jawa dan Bali, ada ketentuan terkait dengan pelonggaran di area pusat perbelanjaan. Di antaranya diperbolehkannya anak usia di bawah 12 tahun masuk ke pusat perbelanjaan. Namun tetap dalam pengawasan dan pendampingan orang tua dan belum diperbolehkan masuk ke area bioskop.

Marketing Communication Galeria Mal, Asia Larasati menyebut, pusat perbelanjaan sudah tidak ada pembatasan lagi dengan usia pengunjung. Pihaknya juga mengacu pada Inmendagri Nomor 43/2021 terkait dengan pengawasan protokol kesehatan.

Baca juga: Ngentak Mangir Dulu Susah Sinyal, Kini Malah Jadi Kampung Internet

“Sudah tidak ada batasan usia lagi untuk masuk ke Galeria Mal. Pengunjung yang datang harus sudah divaksin dan menunjukkan scan barcode menggunakan aplikasi Pedulilindungi,” ujar Laras.

Dalam penerapan protokol kesehatan dan pemindai bagi anak usia 12 tahun ke bawah, pengelola akan menekankan pada orang tua anak. Orang tua yang mendampingi wajib sudah divaksin dan menjaga aktivitas anak di area mal. Area bermain anak juga masih belum beroperasi di tempat itu. Hal ini sesuai dengan aturan yang diterbitkan oleh pemerintah.

“Syarat masuk anak di bawah umur 12 tahun selalu dengan pengawasan orang tua,” kata dia.

 


Berita Terkait

Espos Plus

Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

+ PLUS Ketika Gunung Berapi Meletus Peluang Terbaik adalah Mengurangi Risiko

Yang perlu diingat adalah manusia tidak bisa mencegah letusan gunung berapi, yang bisa dilakukan manusia hanyalah mengurangi risiko (risk reduction) akibat bencana letusan gunung berapi.

Berita Terkini

Diperiksa Polda DIY Gara-Gara Video Vulgar di YIA, Apa Status Siskaeee?

Terduga pemeran video tak senonoh yang terjadi di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) beberapa waktu lalu,  tiba di Polda DIY, Minggu (5/12/2021) untuk menjalani pemeriksaan.

Kronologi Penangkapan Siskaeee, Wanita Pamer Genitalia di Bandara YIA

Aparat Polda DIY menjelaskan kronologi penangkapan Siskaeee, perempuan yang diduga merekam dengan video aksi ekshibisionisme di Bandara YIA, Kulonprogo, dan viral di medsos.

Polisi Ungkap Fakta Baru Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Polisi mengungkap bahwa kasus eksibisionis yang dilakukan perempuan diduga Siskaeee di Bandara YIA menjadi catatan penting bagi Polres Kulonprogo.

Banjir Lahar Dingin Merapi, Bupati Sleman Tetapkan Tanggap Darurat

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, menetapkan status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin Gunung Merapi.

Sleman Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Merapi

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menetapkan status tanggap darurat banjir lahar dingin Merapi agar upaya penanganannya bisa lebih cepat dilakukan.

Kunjungi Seniman Bantul, Rachmat Gobel Pesan 6 Robot dari Motor Rosok

Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel mengapresiasi usaha kreatif Eri Sudarmono, 42, warga Bantul yang menyulap motor tua menjadi replika robot.

Libur Akhir Tahun Mau Ke Jogja? Ketahui Dulu 3 Lokasi Penyekatan Ini

Penyekatan akan kembali dilakukan Pemprov DIY di tiga lokasi pada libur Nataru mendatang. Akan ada pemeriksaan sampel pula untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Dinas Kebudayaan DIY Salurkan Gamelan ke Pesantren, Jadi Media Dakwah

Dinas Kebudayaan DIY menyalurkan seperangkat gamelan kuningan pelog dan slendro kepada sejumlah pesantren.

Bikin Susah, Warga Nanggulan Tolak Penambangan Pasir Kali Progo

Sejumlah warga dari Kapanewon (Kecamatan) Nanggulan, Kulonprogo, mengeluhkan aktivitas penambangan pasir di sekitar Kali Progo.

Disdikpora Bantul Usulkan Gerakan Pasermas Lidi, Apa Maksudnya?

Disdikpora Bantul mengatakan, secara regulasi belum ada aturan yang mengatur keterlibatan masyarakat itu dalam dunia pendidikan.

Pemkot Jogja Tidak Lakukan Pendataan Jaminan Sosial 2021, Ini Alasannya

Pemerintah Kota Jogja tidak mendata ulang keluarga sasaran jaminan perlindungan sosial pada 2021. Pemkot menggunakan data tahun lalu.

Ini Dia! Sosok Siskaeee yang Disebut Pamer Organ Vital di Bandara YIA

Sosok pengguna akun siskaeee tengah ramai dibicarakan setelah video viral perempuan yang memamerkan payudara dan alat vital di Bandara YIA.

Tak Ada CCTV, Tempat Diduga Siskaeee Pamer Payudara-Kelamin di YIA

Perempuan diduga Siskaeee melakukan aksi eksibisionisme di akses jalan penghubung antara lantai satu dan dua parkir Bandara YIA yang tidak terpasang cctv dan jarang dilalui orang.

Kata Bandara YIA Soal Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di Parkiran

PT AP I (Persero) selaku pengelola Bandara YIA merasa dirugikan oleh perempuan yang melakukan aksi eksibisionisme, yakni pamer payudara dan kemaluan di lantai dua parkir Bandara YIA.

+ PLUS PKL Harus Pindah agar Malioboro Menjadi Mirip Orchard Road

Konsep besar yang segera direlisasikan adalah mengembangkan Malioboro menjadi seperti kawasan Orchard Road di Singapura. Basisnya adalah penataan dan pemberdayaan sumbu filosofis keraton dan Kota Jogja.

Polisi Kantongi Identitas Perempuan Pamer Payudara dan Kelamin di YIA

Polres Kulonprogo mengantongi identitas perempuan yang diduga melakukan aksi eksibisionisme di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).