Penguasa Eropa!

ROMA: Barcelona berhasil mentahbiskan dirinya sebagai tim terbaik di daratan Eropa. Hal tersebut terjadi setelah El Barca tampil sebagai juara Liga Champions 2008-2009 dengan mengalahkan Manchester United, 2-0, pada laga fi nal di Stadion Olimpico, Roma, dinihari kemarin. Gol kemenangan Barcelona dibuat Samuel Eto’o di babak pertama dan Lionel Messi di babak kedua.

Keberhasilan ini mengantarkan Barcelona kepada sejarah sebagai tim pertama Spanyol yang mampu meraih tiga gelar juara dalam satu musim atau treble winner. Sebelum menjadi juara Liga Champions, Barcelona sukses menjuarai Copa Del Rey dan La Liga.

Seusai pertandingan, dengan sportif manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, mengatakan Barcelona layak menjadi juara. “Kami punya waktu untuk membalikkan keadaan setelah kebobolan, dan kami memiliki beberapa peluang setengah jadi. Tapi sejujurnya, kami dikalahkan oleh tim yang lebih baik. Kami tidak dalam permainan terbaik setelah gol pertama,” katanya seperti dilansir detikcom.

Fergie juga menyesalkan sepasang gol yang mengoyak jala Edwin van der Sar, yang disebabkan kelalaian timnya. “Kami kalah oleh dua gol yang buruk. Benar-benar gol yang menjengkelkan. Yang jeleknya, Anda selalu bergerak maju lebih cepat. Kami bisa belajar dari ini. Kami tim yang masih muda dan bisa berkembang dari itu,” papar pria 67 tahun itu.

Sementara itu, Pelatih Barcelona, Josep ‘Pep’ Guardiola, memilih merendah dengan capaian luar biasa Barcelona musim ini. “Kami bukan tim terbaik dalam sejarah Barca, tapi kami yang terbaik di musim ini. Kami tidak hanya sekadar memenangi tiga trofi tapi juga bagaimana kami bisa memenanginya,” ujar Guardiola, seperti dilansir dari Goal.

Oleh A. Rizky D. Polii
HARIAN JOGJA

Avatar
Editor:
Budi Cahyono


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom