PENGOPLOS GULA DITANGKAP : Ganti Gula dengan Pasir, Pelaku Mengaku Terinspirasi Siaran Televisi

 Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP David Manurung (kanan) mendampingi Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean (dua dari kanan) memeriksa kedua tersangka dugaan penipuan dengan barang bukti karung berisi pasir di Mapolres Wonogiri, Jumat (27/3/2015). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

SOLOPOS.COM - Kasatreskrim Polres Wonogiri, AKP David Manurung (kanan) mendampingi Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean (dua dari kanan) memeriksa kedua tersangka dugaan penipuan dengan barang bukti karung berisi pasir di Mapolres Wonogiri, Jumat (27/3/2015). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Pengoplos gula ditangkap di Kartasura Sukoharjo. Pelaku mengaku terinspirasi siaran televisi.

Solopos.com, WONOGIRI – Para pelaku penipuan yang ditangkap di Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Rabu (25/3/2015), mengaku terinspirasi tontonan televisi.

Modusnya, mereka mengganti gula pasir dengan pasir. Para pelaku nekat melakukan penipuan karena terbelit utang Rp10,5 juta.

Pernyataan itu disampaikan tersangka Yopi Tri Aji alias Antok, 34, warga Kampung Makambregolo RT 004/RW 001, Kecamatan Serengan, Solo dan tersangka Basiyanto, 34, warga Dusun/Desa Sokawera RT 003/RW 002, Kecamatan Jemur, Kabupaten Kebumen di Mapolres Wonogiri, Jumat (27/3/2015).

“Aksi mengganti gula dengan pasir dari menonton acara investigasi televisi,” ujar Yopi.

Diberitakan sebelumnya, polisi membekuk terduga pengoplos gula setelah melalui aksi kejar-kejaran dari Wonogiri hingga Sukoharjo. (baca: Bak Film Hollywood, Komplotan Penipu Ini Tertangkap Setelah Aksi Kejar-Kejaran)

Yopi menjelaskan agar aksi penipuan tidak terlihat, karung plastik yang berisi gula asli dengan pasir sama. Harga gula per karung dijual senilai Rp400.000 atau lebih murah Rp20.000/zak dibanding harga normal.

“Saat menurunkan pesanan itulah barang diganti. Karung berisi gula asli dinaikkan lagi diganti dengan karung berisi pasir,” beber dia.

Basiyanto menambahkan aksinya dilakukan petang hari menjelang toko atau pemilik warung menutup usahanya.

“Siang hari kami gunakan untuk mencari sasaran. Menjelang toko tutup baru didatangi dan ditawari. Penjualan gula oplosan sudah kali keempat baru tertangkap. Gula oplosan kami juga di Kecamatan Manyaran dua kali, Kabupaten Gunungkidul, DIY dan Kecamatan Pracimantoro masing-masing sekali,” kata dia.

Kapolres Wonogiri, AKBP Windro Akbar Panggabean didampingi Kasatreskrim AKP David Manurung dan Kasubbag Humas Polres Wonogiri, AKP Kukuh Wiyono menjelaskan, dua tersangka ditahan dan dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan. 

“Ancaman hukuman empat tahun penjara. Awalnya ada tiga orang yang diamankan namun dua orang yang ditahan. Satu orang bernama Franki, 34, warga Cemani, Kabupaten Sukoharjo tidak terlibat. Aksi tersangka terungkap di Suci, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Pemilik kios, Sogimin, warga Suci, Pracimantoro melaporkan ke Polsek Pracimantoro setelah melihat karung gula berisi pasir,” kata dia.

Kapolres menyatakan, tindak kejahatan tersangka sudah dilakukan di tiga tempat. Barang bukti yang diamankan di antaranya mobil boks berpelat nomor BG 9529 LB, uang tunai senilai Rp2,52 juta, satu bendel kuitansi, tiga handphone, satu karung berisi gula asli dan enam karung berisi pasir.

Kedua tersangka menipu pemilik kios di Dusun Sinung RT 001/RW 007, Desa Suci, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Dikunjungi Kepala Bappenas, Bupati Karanganyar Curhat Pembangunan RSUD Enggak Kelar-Kelar

Bupati Juliyatmono meminta Kepala PPN/Bappenas membantu mengingatkan kementerian terkait soal penyelesaian pembangunan RSUD Karanganyar.

Haduh! Dua Cincin Nyangkut di Alat Kelamin Suami, Kok Bisa Sih?

Waduh seorang suami di Malaysia harus dilarikan ke rumah sakit karena alat kelami atau penisnya tersangkut dua buah cincin.

Pengerjaan Proyek Koridor Jl Juanda Solo Senilai Rp4,3 Miliar Molor, Kontraktor Didenda

Kontraktor pelaksana proyek koridor Jl Juanda Solo tahap II senilai Rp4,3 miliar dikenai denda sekitar Rp32 juta lantaran terlambat menyelesaikan pengerjaan proyek.

Ansari Kadir, Dulu Sering Gagal Bisnis Kini Punya 100 Outlet

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Tikus Pithi Disebut Organisasi Tak Jelas saat Lawan Gibran di Pilkada Solo, Tuntas Subagyo Berang

Tuntas Subagyo tersinggung dengan pernyataan Refly Harun yang menyebut Tikus Pithi sebagai organisasi tidak jelas saat melawan Gibran di Pilkada Solo.

Hukum Onani dengan Bantuan Istri dalam Islam, Apakah Diperbolehkan?

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai hukum onani dengan bantuan tangan istri menurut Islam. Apakah diperbolehkan atau dilarang?

Sponsor Persis Solo Berlimpah, Ini Jumlah dan Macamnya

Keberadaan Kaesang Pangarep bak magnet yang mendorong Persis Solo memiliki finansial berlimpah.

Hasil Liga 1 2021-2022: Derbi Kalimatan, Borneo FC vs Barito Putera Bermain Imbang 1-1

Barito Putera unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Muhammad Luthfi Kamal

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Petugas DLHK dan Polisi Klaten Cek Air Saluran Irigasi yang Berubah Merah, Hasilnya?

Petugas dari DLHK dan Polres Klaten mengambil sampel air di saluran irigasi yang sebelumnya dikabarkan berubah warna menjadi merah.

Pemkab Sukoharjo Bantu Biaya Pendidikan Anak Pasutri Tinggal di Kolong Meja Wedangan Kartasura

Pemkab Sukoharjo akan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak dari pasangan suami istri Cahyo Yulianto, 50 dan Wiwin Haryati, 48.

Gubernur Anies Larang Rokok Dipajang, Produsen Menjerit

Seruan Gubernur direalisasikan dalam bentuk penindakan oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Sponsor Berlimpah, Persis Solo Kewalahan Terima Tawaran Kerja Sama

Jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan, terhitung sudah 14 perusahaan yang mendukung Persis Solo musim ini.

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.