Pengoperasian 2 Koridor BST sampai Sukoharjo Tinggal Tunggu Izin Trayek

Pengoperasian bus Batik Solo Trans atau BST dari Solo sampai ke Solo Baru dan Bekonang, Sukoharjo, tinggal menunggu izin trayek dari pemerintah pusat.

 Bus Batik Solo Trans (BST) melintas di flyover Purwosari, Solo, Senin (11/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Bus Batik Solo Trans (BST) melintas di flyover Purwosari, Solo, Senin (11/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pengoperasian bus Batik Solo Trans atau BST Koridor 5 dan 6 ke wilayah Solo Baru dan Bekonang, Sukoharjo, tinggal selangkah lagi. Saat ini, transportasi publik aglomerasi Solo-Sukoharjo itu tinggal menunggu izin trayek dari pemerintah pusat.

Kajian teknis pengoperasian BST Koridor 5 dan 6 telah dilakukan pada beberapa waktu lalu, Kajian teknis itu meliputi sarana dan prasaran, halte, serta estimasi penumpang bus. Hasil kajian teknis itu telah direspons Pemkot Solo.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Saat ini, masih proses pengurusan izin trayek. Kami masih menunggu realisasi dari pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, FX Toni Sri Buntoro, saat berbincang dengan Solopos.com di Gedung Setda Sukoharjo, Senin (13/12/2021).

Rencananya, pengopeasian BST Koridor 5 melewati kawasan Solo Baru, Sukoharjo, tepatnya Jl Ir Soekarno. Rutenya dari Terminal Tirtonadi Solo, Jl Ahmad Yani, Jl Gajah Mada, Jl Ronggowarsito. Kemudian, bus BST menuju arah Jl Mayor Sunaryo dan Jl Kapten Mulyadi, dan berakhir di Jl Ir Soekarno, Solo Baru.

Baca Juga: Pria Meninggal di Tepi Jalan Kenep Sukoharjo Ternyata Habis Pesta Miras

Sedangkan BST Koridor 6 melewati Pasar Bekonang di wilayah Kecamatan Mojolaban. Rutenya dari Terminal Kartasura, Jl Adi Soemarmo, Jl Ahmad Yani, Jl Slamet Riyadi, Jl Veteran, Jl Kyai Mojo, dan Pasar Bekonang. “Pemkab Sukoharjo berkomitmen menyiapkan infrastruktur guna menyokong pengoperasian bus BST. Saya berharap [BST] segera terealisasi,” ujarnya.

Pemulihan Sektor Pariwisata

Lebih jauh, Toni menyampaikan pengoperasian BST menjadi daya ungkit percepatan pemulihan sektor pariwisata di Kabupaten Jamu. Sektor penyokong pariwisata terpuruk akibat pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun. Para wisatawan domestik dan mancanegara bisa mengunjungi ke sejumlah lokasi destinasi wisata edukasi seperti kampung jamu di Nguter dan sentra kerajinan gamelan Jawa di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban.

Baca Juga: Tim Gabungan Nguter Sukoharjo Keliling Wilayah Beri Imbauan Prokes

Seorang warga Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Widadi, mengatakan pengoperasian bus BST bakal mendekatkan masyarakat Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo. Wilayah kedua daerah itu berbatasan dan jaraknya cukup dekat. Masyarakat Kota Bengawan bisa naik bus BST saat hendak berbelanja atau berekreasi di Solo Baru.

Sebaliknya, masyarakat Sukoharjo juga bisa memanfaatkan aglomerasi transportasi publik tersebut saat hendak bepergian ke Kota Solo. “Sebenarnya, wacana pengoperasian bus BST sudah lama mencuat pada beberapa tahun lalu. Mudah-mudahan, segera terwujud pada 2022. Sehingga mampu memberikan efek positif bagi masyarakat di kedua daerah,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

      Mulai hari ini, Selasa (16/8/2022), Jl Kolonel Sugiyono, Banjarsari, Solo, berlaku dua arah menyusul dimulainya pekerjaan pemasangan pilar jembatan rel layang Simpang Joglo.

      Terus Berkurang, Kebo Bule Keraton Solo Kini Tinggal 15 Ekor

      Jumlah kebo bule milik Keraton Solo kini tinggal 15 ekor menyusul kematian empat ekor kerbau ikon kirab malam 1 Sura itu dalam waktu kurang dari sebulan terakhir.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 16 Agustus 2022, Pagi Sudah Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Selasa (16/8/2022), hujan akan turun sejak pagi dan meningkat intensitasnya di malam hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 16 Agustus 2022, Berawan dan Hujan

      Hujan ringan masih akan mewarnai prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Sukoharjo Selasa Ini: Awan Tebal Sore, Hujan Malam Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo secara lengkap untuk hari ini, Selasa (16/8/2022).

      Cuaca Boyolali Selasa Ini, Hujan Ringan Sore hingga Malam Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Selasa (16/8/2022), tersaji secara lengkap dalam artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Solo Selasa 16 Agustus, Hujan Bergeser ke Malam Hari

      Prakiraan cuaca Kota Solo akan hujan pada Selasa (16/8/2022) malam.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Selasa Ini: Gerimis Pukul 19.00 WIB

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Selasa Ini: Gerimis Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Selasa 16 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Target Pendapatan Daerah 2022 Naik Rp8 Miliar, Pemkot Solo Genjot Pajak

      Hasil kesepakatan Pemkot dan DPRD Solo, pendapatan daerah pada APBD Perubahan 2022 dinaikkan senilai Rp8 miliar.

      Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

      Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

      Warga Solo Mau Ikut Pawai Pembangunan 2022? Buruan Daftar di Link Ini

      Pemkot Solo mengadakan Pawai Pembangunan memperingati HUT ke-77 RI pada Jumat (19/8/2022), masyarakat umum bisa ikut berpartisipasi sebagai peserta.

      Bak Model, Puluhan ODGJ Ikut Fashion Show di Griya PMI Peduli Solo

      Puluhan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ penghuni Griya PMI Peduli di Mojosongo, Solo, bergaya bak model di acara fashion show memeriahkan HUT RI.

      Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

      Warijo, 62, berjualan es puter di Dukuh Bugel, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Minggu (14/8/2022) siang.

      Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

      Pemerintah Kabupaten Wonogiri memastikan akan melaksanakan upacara peringatan detik-detik Kemerdekaan RI di Lapangan Pringgondani, Wonokerto, Wonogiri, Rabu (17/8/2022).

      Gara-Gara Internet! Dusun Jembul Wonogiri Tak Lagi Merasa Terpencil

      Sebanyak 84 keluarga di Dusun Jembul, Desa Pasekan, Kecamatan Eromoko, Wonogiri, setidaknya dapat bernafas lega.