Pengiriman Barang Lebaran Lewat Kereta Api, Hanya Bayar Rp200/Kg
Petugas memasukkan barang ke kereta api barang di Stasiun Madiun, Kamis (21/5/2020). (Istimewa/Daops VII Madiun)

Solopos.com, MADIUN - PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan pengiriman barang ke berbagai tujuan di Pulau Jawa menjelang perayaan Idulfitri tahun ini. Untuk biaya pengirimannya sangat murah yakni mulai Rp200 per kg sampai Rp1.500 per kg.

Layanan ini sudah bisa dinikmati masyarakat di wilayah Madiun untuk mengantar barang ke berbagai daerah. Pengiriman logistik ini menggunakan kereta api luar biasa (KLB).

Dana Subsidi Liga 2 Mulai Cair, Persis Solo Segera Lunasi Gaji Pemain?

Manajer Humas Daops VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan layanan pengiriman paket logistik ini untuk memberikan layanan yang optimal di tengah larangan mudik yang dikeluarkan pemerintah untuk memutus rantai persebaran Covid-19.

Layanan pengiriman lewat kereta api ini akan mengangkut kiriman barang untuk berbagai segmen, mulai UMKM hingga perusahaan besar. Untuk pengiriman barang relasi Madiun-Surabaya hanya Rp200 per kg dan Jakarta-Surabaya hanya Rp1.500 per kg. Setiap barang yang diangkut dikenakan tarif minimal 5 kg.

"Kami berharap layanan ini dapat membantu masyarakat berbagi kebahagiaan dengan keluarga di kampung halaman saat hari raya. Meskipun tidak dapat bertemu secara fisik," jelas Ixfan, Kamis (21/5/2020).

1 Posko Pengamanan Lebaran di Sragen Kekurangan Nakes

Khusus layanan ini, KAI menyiapkan gerbong bagasi berkapasitas 20 ton agar masyarakat dapat mengirimkan barang dalam berbagai ukuran dengan mudah. Untuk stasiun yang melayani angkutan barang yaitu Stasiun Jakarta Kota, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasarturi.

"Dengan adanya layanan ini harapannya semakin banyak barang yang didistribusikan dengan kereta api. Kereta api kan memiliki keunggulan seperti lebih aman, tepat waktu, dan efisian," kata dia.

Sudah 25 Ton

Barang-barang yang bisa dikirimkan yaitu seperti dokumen, paket, produk industri, produk UMKM, e-commerce, makanan, sepeda motor, dan lainnya.

Ixfan menyampaikan sejak dibuka pada tanggal 12 Mei sampai 19 Mei 2020, sudah ada 25 ton barang yang dikirimkan masyarakat melalui KLB. Rute yang menjadi favorit pengiriman adalah Jakarta-Surabaya dengan volume barang kiriman mencapai 12.742 kg.

Bayar Setengah Harga di Toko Solopos, 4 Hari Saja

Sedangkan total angkutan barang yang dilayani melalui Rail Expres di seluruh Daops VII Madiun, baik yang menggunakan KA Parcel maupun KLB setiap harinya mencapai 30 ton.

“Kami juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan pada barang-barang hantaran di stasiun keberangkatan dan kedatangan. Di samping itu penyemprotan juga dilakukan pada kantor/loket ekspeditur di stasiun, terminal, gerbong barang, dan gudang,” terang Ixfan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho