Pengin Jadi Anggota Banser Seperti Erick Thohir, Begini Hlo Caranya!

Begini hlo cara dan syarat menjadi anggota Banser seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Erick Thohir!

 Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merayap melewati ujian fisik sebelum resmi menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Minggu (28/11/2021).

SOLOPOS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merayap melewati ujian fisik sebelum resmi menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Minggu (28/11/2021).

Solopos.com, SOLO — Bagaimana sih cara untuk menjadi anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) atau Gerakan Pemuda (GP) Ansor seperti Menteri BUMN, Erick Thohir?

Seperti diketahui, Erick Thohir resmi bergabung menjadi anggota Banser setelah lulus mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dan pelatihan dasar sebagai syarat menjadi anggota.

PromosiSejarah Kanal Baki dan Dam Bareng Sukoharjo Peninggalan Hindia Belanda

“Ini suatu penghormatan luar biasa yang tidak terhingga buat saya karena bisa menjadi keluarga besar Banser,” kata Erick Thohir, seperti telah diberitakan Solopos.com sebelumnya, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga:  Industri Game Online di Indonesia Makin Berkembang, Ini Hlo Buktinya!

Erick mengatakan selama ini Banser telah berkomitmen jihad untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Organisasi itu juga dinilai menjunjung tinggi keberagaman dan perbedaan yang menjadi kekuatan bagi Indonesia.

Lalu, bagaimana sih cara menjadi anggota Banser seperti Erick Thohir di atas?

Baca Juga: Ternyata Ini Sosok PNS Terkaya di Indonesia, Hartanya Capai 1 Triliun

Mengutip laman resmi Ansorjateng.net, Sekretaris Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah, Sholahuddin Aly menjelaskan, untuk menjadi anggota Ansor maupun Banser, caranya tidak sulit hanya cukup melakukan silaturahmi.

Masyarakat yang berminat menjadi anggota Banser dipersilakan untuk bersilaturahmi ke kader atau pun pengurus GP Ansor di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau kecamatan setempat.

Baca Juga:  Daftar Pemenang SCTV Awards 2021, Lengkap dengan Nominasinya

Cara dan Syarat Jadi Anggota Banser

Selain itu, masyarakat juga bisa melakukan silaturahmi ke pengurus GP Ansor di tingkat ranting/kelurahan/desa setempat dan bisa ke pengurus Nahdlatul Ulama (NU) setempat.

Setelah itu, masyarakat akan diberikan penjelasan mengenai Ansor atau Banser serta tugas yang dilakukan. Adapun syarat utama adalah harus beragama Islam, berusia minimal 20 tahun dan maksimal 40 tahun.

Baca Juga:  Jangan Gampang Tertipu! Ini Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Bukan hanya itu saja, cara bergabung menjadi anggota Banser seperti Erick Thohir juga harus mengikuti pendidikan tingkat dasar yang disebut Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) untuk Ansor serta Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) untuk Banser.

“Pelatihan itu sebagai syarat bahwa calon anggota tersebut nantinya telah diakui sebagai kader atau anggota,” kata pria yang kerap dipanggil Gus Sholah itu.

Baca Juga:  Gaji yang Cukup untuk Tinggal di Solo Versi Netizen

Gus Sholah mengatakan ketika ingin menjadi anggota atau kader GP Ansor maupun Banser, bekal paling utama adalah meluruskan niat untuk mengabdi pada agama, setia pada bangsa Indonesia, takzim kepada ulama atau Kiai, ingin ikut berdakwah mengembangkan Islam, serta taat pada aturan organisasi.

“Tentunya tak ada biaya pendaftaran alias gratis. Hanya diminta kesediaan memberi infaq ketika akan mengikuti pendidikan kader berupa PKD maupun Diklatsar,” pungkas dia.

Baca Juga:  Rangkaian Doa untuk Anak Bayi yang Baru Lahir Menurut Islam

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

+ PLUS 10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Berita Terkini

Panglima TNI Temui Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Bahas Apa?

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengunjungi Muhammadiyah untuk membicarakan masalah-masalah kebangsaan.

Cuaca Arab Saudi Mulai Ekstrem, Saat Musim Haji 50 Derajat Celcius

Saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat Celcius.

Aturan Baru Nama Minimal 2 Kata, Ini Penjelasan Dirjen Dukcapil

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan A Fakrulloh, mengatakan aturan nama minimal dua kata di dokumen kependudukan hanya bersifat imbauan.

Pelat Nomor Kendaraan Warna Putih Berlaku Juni 2022, Ini Teknisnya

Proses pergantian pelat nomor dari warna hitam ke warna putih ini akan diberlakukan secara bertahap.

10 Prajurit TNI Membantu Local Strongman Mengelola Kerangkeng Manusia

Sepuluh orang prajurit TNI ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan dan penyiksaan penghuni kerangkeng manusia di rumah Bupai Langkat nonaktif, Provinsi Sumatra Utara, Terbit Rencana Peranginangin.

Mataram Geger, Pengguna Jalan Dipanah Orang Misterius

Seorang pengendara sepeda motor, ARH, dipanah orang misterius tanpa alasan, Sabtu (21/5/2022) malam.

Kapan Libur Panjang Kenaikan Sekolah? Simak Kalender Pendidikan 2022

Sedangkan bagi masyarakat, kalender pendidikan sekaligus untuk melihat kapan liburan sekolah tiba.

Tiga Pelaku Skimming ATM Dibekuk, Salah Satunya Berotot Bak Rambo

Salah satu pelaku skimming di Kepulauan Riau bertubuh berotot bak Rambo.

Biasa Sidangkan Kasus Narkoba, 2 Hakim Ditangkap karena Sabu-Sabu

Kedua hakim PN Rangkasbitung ditangkap beberapa hari lalu dengan barang bukti yang disita sabu-sabu seberat 20,634 gram.

Prasasti Talang dan Candi Borobudur Ungkap Makanan Pokok Asli Indonesia

Makanan pokok khas nenek moyang Indonesia bukanlah nasi. Hal itu terungkap dalam Prasasti Talang Tuwo dan relief Candi Borobudur yang masing-masing dibuat pada abad ke-7 dan ke-8.

Profil Fahmi Idris, Spesialis Menakertrans di Era Habibie dan SBY

Fahmi Idris pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) pada era B.J. Habibie dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baru! Ini Aturan Lengkap Penulisan Nama di KTP

Kemendagri mengeluarkan tiga larangan terkait pencatatan nama pada dokumen kependudukan, seperti di KTP.

Pemerintah Larang Penggunaan Nama Hanya 1 Kata, Begini Penjelasannya

Dokumen kependudukan yang dimaksud meliputi biodata penduduk, keluarga, kartu identitas anak, kartu tanda penduduk elektronik, surat keterangan kependudukan, dan akta pencatatan sipil.

Fakta Tak Sehijau Kata-Kata, Greenwashing Jadi Arus Besar Perbankan

Lembaga keuangan nasional dan global masih berdiri dua kaki. Membiayai sektor energi kotor dan perusak lingkungan sekaligus membiayai sektor energi bersih. Komitmen green financing belum optimal, justru greenwashing yang menguat.

Nasib Harimau & Macan Tutul Jawa Terancam Punah Akibat Pembangunan

Tahukah Anda bahwa harimau dan macan tutul jawa terancam punah akibat pembangunan yang masif di Pulau Jawa?