Pengin Dapat Penghasilan Pasif di Kala Pandemi? Coba Trik Ini
Ilustrasi mendapatkan penghasilan pasif (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Definisi pendapatan pasif masih sering diperdebatkan. Beberapa perspektif mengatakan tidak ada pendapatan yang sepenuhnya pasif.

Sebagian besar membutuhkan setidaknya beberapa investasi awal atau manajemen reguler agar benar-benar sukses. Namun, pasti ada cara untuk menambah pendapatan Anda tanpa menghabiskan waktu luang.

Setelah hampir satu tahun pandemi melanda, bukan rahasia lagi bahwa cara tradisional wirausahawan untuk mendapatkan uang tambahan terdisrupsi ke arah berbeda, sekarang hampir semuanya berjalan secara virtual atau jarak jauh. Adaptasi dan inovasi tetap menjadi dua kualitas yang membuat bisnis, wirausahawan, dan pekerja kreatif bertahan dan bahkan berkembang selama pandemi.

Baca Juga: Trusted Online Broker Untuk Trader

Jalan menuju menghasilkan pendapatan pasif mungkin tidak sepenuhnya dimulai secara pasif, tetapi dengan investasi yang tepat. Seperti yang dipelajari oleh pendiri ATMMachines.com, Justin Gilmore, seseorang dapat mulai membuat aliran pendapatan lain. Dilansir Entrepreneur, Senin (8/2/2021), dan dikutip Bisnis.com, Anda dapat menerapkan tiga cara berbeda untuk mengubah bisnis sampingan menjadi pendapatan pasif di tahun 2021.

1. Penghasilan Pasif Online-Pembuatan Konten di Seluruh Platform Sosial
Pembuatan konten (content creation) adalah salah satu bentuk pendapatan online yang paling berkembang pesat dan dominan yang dapat Anda manfaatkan. Blogging atau vlogging adalah dua dari sekian cara untuk mulai mengumpulkan audiens.

Pertama, dengan menjadikan diri Anda sebagai pencipta, ahli, atau pemimpin yang mapan di ceruk tertentu, terutama di area Anda sudah tahu ada permintaan tinggi untuk saran atau minat khusus. Meskipun beberapa pembuat konten top di seluruh platform memiliki gaji jutaan, Anda harus berkomitmen pada prosesnya jika ingin melihat pertumbuhan yang menguntungkan.

Kreatif dan Keluar Dari Zona Nyaman

2. Toko Virtual dan Lainnya-Pemasaran Afiliasi dan Shopify
Bagi mereka yang sudah memiliki audiens, baik itu di Tik Tok, Instagram, YouTube, atau bahkan situs web mereka sendiri, salah satu cara Anda dapat mulai menghasilkan pendapatan pasif tambahan adalah melalui pemasaran afiliasi.

Baca Juga: Jangan Berpangku Tangan, Gali Kreativitas Selamatkan Bisnis Perhotelan

Pemasaran afiliasi adalah proses individu membantu mengarahkan traffic dari halaman pribadi mereka ke brand lain dan sering kali dibayar berdasarkan komisi untuk klik yang memicu pembelian. Meskipun Anda sendiri belum menjadi influencer, Anda dapat memulai kerja sama pemasaran afiliasi di Google atau Facebook. Sebagian besar uang yang dihasilkan influencer di platform apa pun, sering kali berasal dari pendapatan iklan.

3. Menghasilkan Uang dengan Uang-Pendapatan Pasif dengan Investasi Awal
Sebagai pendiri ATMMachines.com, Justin dulu bekerja menjajakan pizza di Atlanta, Georgia. Sekarang dia menghasilkan uang dengan menjual dan memproses Mesin ATM (serta kursus tentang cara memulai), membantu pelanggan untuk mulai menghasilkan uang sendiri.

Seperti yang Justin pelajari, bahkan di tahun 2020, tidak semua peluang untuk penghasilan pasif ada di internet. Baik Anda terlibat dalam bisnis menyewakan ruang di Airbnb, penyewaan mobil, atau bahkan tempat parkir, Anda hanya perlu menjadi kreatif, keluar dari zona nyaman, dan membuka jalan Anda sendiri untuk mendapatkan uang tunai dan sukses besar.

Sumber: Bisnis.com



Berita Terkini Lainnya








Kolom