Tutup Iklan

Pengin Bangun Rumah Impian? Jangan Lewatkan Hal-Hal Berikut

Pelajari cara menemukan lokasi yang tepat, perencanaan yang matang, memperoleh izin yang mudah, dan merencanakan penggunaan tanah.

 Ilustrasi perawatan rumah (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perawatan rumah (freepik)

Solopos.com, SOLO – Membangun rumah impian merupakan proyek terbaik untuk Anda wujudkan. Dapat merencanakan dan mengawasi setiap proses pembangunan merupakan kesempatan besar, apalagi dengan campur tangan Anda pribadi.

Perencanaan yang matang, menurut wikihow.com, dapat membantu memastikan kelancaran dalam proses pembangunan nantinya. Oleh karena itu, pelajari cara menemukan lokasi yang tepat, perencanaan yang matang, memperoleh izin yang mudah, dan merencanakan penggunaan tanah.

Mulai dengan menemukan lokasi yang tepat disertai banyak pertimbangan untuk membangun hunian Anda. Pikirkan keadaan jangka panjang seperti iklim, stabilitas tanah, ketersediaan utilitas, masyarakat, dan sebagainya.

Baca JugaCat Anti Kuman Dan Bakteri Ini Bikin Rumah Kamu Tetap Sehat

Pilih properti yang tepat dan tentukan di mana akan membelinya. Ini akan menjadi sedikit hambatan karena terwujudnya hunian yang dilengkapi properti atau furnitur impian pastinya tergantung pada biaya yang akan ditanam oleh pemiliknya. Apalagi properti merupakan investasi nyata yang terlihat. Beberapa di antara pengembang properti bahkan memilih untuk menandatangani pinjaman pendanaan untuk proyek bangunan demi mengamankan segi keuangan.

Soal desain rumah, bisa didesain sendiri. Namun lebih baik konsultasikan pula dengan ahlinya, yakni arsitek bangunan yang berpengalaman. Kerja sama dengan arsitek dapat menghemat waktu dan energi serta tim mereka dapat menentukan penyelesaian yang baik jika Anda mendapat kendala.

Anda dapat mendesain mulai dari ruang tamu. Luangkan waktu untuk mendapat inspirasi mewujudkan ruang tamu impian. Kemudian desain hunian keluarga dengan idealnya dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang dapur atau ruang makan, gudang, dan lain sebagainya. Desain hunian juga dapat dilakukan secara personal menggunakan website online yang disediakan secara gratis.

Hal berikutnya, rancang rumah dengan memaksimalkan masuknya cahaya alami. Jangan lupa untuk mendesain sirkulasi udara agar lancar dengan media jendela besar terlebih di ruang tamu, dan dapur. Kemudian pastikan sistem drainase lancar agar kawasan hunian terhindar dari genangan. Lalu yang paling utama ialah membuat estimasi biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan setiap rincian konstruksi hunian seperti fondasi, instalasi listrik, finishing dan lain sebagainya. Buatlah rincian kasar yang digunakan untuk dijadikan patokan.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

5 Negara yang Tetapkan Tanggal Kedaluwarsa Sertifikat Vaksin Covid-19

Saat ini semakin banyak negara mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan tanggal kedaluwarsa untuk sertifikat vaksin.

28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

Ilmuwan: Orang yang Sudah Divaksin Penuh Bisa Kena Varian Omicron

Untuk mencegah terinfeksi varian Omicron, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan semua orang Inggris untuk suntik vaksin Covid-19 penuh dan segera mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19.

28 November 2021 Minggu Pon, Begini Wataknya Menurut Primbon Jawa

Berdasarkan primbon Jawa, mereka yang lahir pada Minggu Pon mempunyai jumlah nilai neptu 12.

Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Memang tidak mudah untuk mendeteksi apakah pria tulus atau tidak mencintai perempuan.

Resep Masakan Praktis Berbahan Daun Kemangi

Saat menyantap masakan berbahan kemangi ini, Anda tidak akan kehilangan cita rasanya yang khas. 

Virus Corona Varian Omicron Miliki Gejala Tidak Biasa, Seperti Apa?

Disebut memiliki gejala yang tidak biasa, lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang terinfeksi varian omicron ini? 

Mendongeng Jadi Sarana Menasihati Tanpa Menggurui

Pada 2015 silam, sejumlah pendongeng dan perwakilan Kemendikbud mendeklarasikan tanggal 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Spermisida Jadi Metode Kontrasepsi, Kenali Efek Sampingnya

Namun seperti metode kontrasepsi lainnya, spermisida juga memiliki efek samping dan masih ada kemungkinan bagi penggunanya untuk hamil.

Viral! Pria Ini Curi Kutang di Jemuran, Dicium Dulu Baru Diambil

Seorang pria diketahui maling kutang milik warga yang dijemur di depan rumah dan direkam salah seorang warga.

Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ada sejumlah kebiasaan baik yang bisa diterapkan sebelum anak tidur, apa saja?

Keberadaan Arwah Gentayangan Menurut Islam, Adakah?

Berikut pendapat Islam mengenai cerita arwah gentayangan yang selama beredar di masyarakat.

Viral! Ada Bocah Punya Bulu Lebat di Lengan, Begini Penampakannya

Seorang bocah memiliki keunikan pada lengannya yang tumbuh bulu lebat menjadi perhatian warga sekitar rumahnya dan netizen.

3 Zodiak Ini Sering Bikin Patah Hati Orang Lain, Percaya?

Dari sejumlah zodiak yang sering bikin patah hati orang lain ini salah satunya memiliki jiwa petualang dan menyukai kemandirian.

5 Weton Wanita Pemarah dan Pemalas, Salah Satunya Senin Wage

Berdasarkan perhitungan weton dalam Primbon Jawa, kita ternyata dapat menilai sifat pemarah dan pemalas dari seorang wanita.

Doa Agar Menjadi Orang yang Sukses, Jangan Lupa Dibaca ya!

Berikut ini terdapat doa agar menjadi orang yang diberikan kesuksesan menurut ajaran Islam. Jangan lupa dibaca dan diamalkan ya!