SOLOPOS.COM - Ilustrasi perawatan rumah (freepik)

Solopos.com, SOLO – Membangun rumah impian merupakan proyek terbaik untuk Anda wujudkan. Dapat merencanakan dan mengawasi setiap proses pembangunan merupakan kesempatan besar, apalagi dengan campur tangan Anda pribadi.

Perencanaan yang matang, menurut wikihow.com, dapat membantu memastikan kelancaran dalam proses pembangunan nantinya. Oleh karena itu, pelajari cara menemukan lokasi yang tepat, perencanaan yang matang, memperoleh izin yang mudah, dan merencanakan penggunaan tanah.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Mulai dengan menemukan lokasi yang tepat disertai banyak pertimbangan untuk membangun hunian Anda. Pikirkan keadaan jangka panjang seperti iklim, stabilitas tanah, ketersediaan utilitas, masyarakat, dan sebagainya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca JugaCat Anti Kuman Dan Bakteri Ini Bikin Rumah Kamu Tetap Sehat

Pilih properti yang tepat dan tentukan di mana akan membelinya. Ini akan menjadi sedikit hambatan karena terwujudnya hunian yang dilengkapi properti atau furnitur impian pastinya tergantung pada biaya yang akan ditanam oleh pemiliknya. Apalagi properti merupakan investasi nyata yang terlihat. Beberapa di antara pengembang properti bahkan memilih untuk menandatangani pinjaman pendanaan untuk proyek bangunan demi mengamankan segi keuangan.

Soal desain rumah, bisa didesain sendiri. Namun lebih baik konsultasikan pula dengan ahlinya, yakni arsitek bangunan yang berpengalaman. Kerja sama dengan arsitek dapat menghemat waktu dan energi serta tim mereka dapat menentukan penyelesaian yang baik jika Anda mendapat kendala.

Anda dapat mendesain mulai dari ruang tamu. Luangkan waktu untuk mendapat inspirasi mewujudkan ruang tamu impian. Kemudian desain hunian keluarga dengan idealnya dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang dapur atau ruang makan, gudang, dan lain sebagainya. Desain hunian juga dapat dilakukan secara personal menggunakan website online yang disediakan secara gratis.

Hal berikutnya, rancang rumah dengan memaksimalkan masuknya cahaya alami. Jangan lupa untuk mendesain sirkulasi udara agar lancar dengan media jendela besar terlebih di ruang tamu, dan dapur. Kemudian pastikan sistem drainase lancar agar kawasan hunian terhindar dari genangan. Lalu yang paling utama ialah membuat estimasi biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan setiap rincian konstruksi hunian seperti fondasi, instalasi listrik, finishing dan lain sebagainya. Buatlah rincian kasar yang digunakan untuk dijadikan patokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya