Penghuni Sel Tahanan Polres Grobogan Jalani Rapid Test, Ini Hasilnya
Penghuni sel tahanan Polres Grobogan menjalani rapid test guna pencegahan penyebaran Covid-19. (Istimewa-Polres Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI -- Penghuni sel tahanan di Mapolres Grobogan menjalani rapid test sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Grobogan.

“Total ada 36 tahanan di Mapolres Grobogan yang menjalani rapid test. Hasilnya semua tahanan nonreaktif Covid-19,” jelas Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan didampingi Paur Kesehatan Polres Grobogan Ipda Hardono, Sabtu (19/9/2020).

Proses rapid test para penghuni sel tahanan Polres Grobogan dilakukan di dalam sel dengan cara bergantian. Kegiatan ini dikawal secara ketat oleh anggota polisi.

“Karena hasil rapid test nonreaktif, maka tidak perlu ada swab tes. Kendati demikian, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tetap dilaksanakan di sel tahanan Polres Grobogan,” kata Kapolres.

Kecelakaan di Selatan Jembatan Bacem, Begini Kondisi Korban Kedua

Kapolres Grobogan mengatakan rapid test dilaksanakan untuk memastikan kondisi kesehatan para tahanan. Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga perlu kewaspadaan.

“Rapid test ini sebagai upaya pencegahan sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan Mapolres. Termasuk para penghuni sel tahanan,” ujar Kapolres Grobogan.

Swab Tes

Selain rapid test untuk penghuni sel tahanan, Mapolres Grobogan juga menggelar swab test kepada 100 anggota kepolisian yang bertugas di polsek. Menurut Kapolres, target keseluruhan 400 anggota kepolisian, saat ini sudah 300 anggota polisi yang menjalani swab tes.

“Untuk 100 anggota yang hari ini swab test, hasilnya masih menunggu sekitar satu pekan atau tujuh hari ke depan,” tambah AKBP Jury Leondard.

Waduh, 97 Desa di Grobogan Dilanda Kekeringan dan Krisis Air Bersih

Harapannya lanjut Kapolres, dengan swab test penyebaran virus corona pada anggota Polres Grobogan bisa segera terdeteksi dan ditangani. Mengingat sebelumnya sudah ada anggota polisi yang terpapar Covid-19.

“Kami akan mengambil langkah-langkah penanganan sesuai protokol kesehatan apabila dari hasil swab tes ini ada yang positif. Namun, kami berharap semua hasilnya negatif,” tegas Jury Leonard.

Buang Sembarangan di Taman Ini, Siap-Siap Dapat Kiriman Sampah

Kapolres mengimbau semua anggota polisi dan masyarakat dapat menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan. Di mana hal tersebut sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19.

“Laksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir atau menggunakan handsanitizer, menjaga jarak, dan tidak berkerumun,” pungkas Kapolres.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom