SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

Jogja (Solopos.com)–Sebanyak 57 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Jogja menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Jogja di TPS Khusus/11 Kelurahan Gunung Ketur Kecamatan Pakualaman Jogja, Minggu (25/9/2011).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Sebelumnya, KPU mendata terdapat 73 warga binaan di rutan Kota Jogja yang memiliki hak pilih dalam pilkada Kota Jogja.

Namun setelah dilakukan klarifikasi, jumlah tersebut ternayat turun. Jumlah warga binaan yang di rutan kota Jogja yang memiliki hak pilih hanyalah 57 orang.

Kepala Rutan Kota Jogja Joko Pitoyo menjelaskan proses pemungutan suara yang digelar dirutan Kota Jogja ini merupakan kali pertamanya.

“Ini merupakan pemilihan kepala daerah yang baru berlangsung untuk pertama kalinya di Rumah Tahanan,” katanya ditemui di rutan Kota Jogja kemarin.

Secara teknis pemungutan suara, warga binaan dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 14 orang dan mendapatkan pendampingan seorang petugas.

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Gendut Sudarto terpidana kasus gratifikasi buku ajar Bantul juga tampak memberikan hak pilihnya.

Ketua KPPS Khusus/11 Gunungketur, Siswanto mengatakan, selain melayani pemilih di rutan pihaknya juga melayani pemungutan suara untuk narapidana yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Jogja.

(JIBI/Harian Jogja/aya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya