SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Penghuni Mess TNI Angkatan Udara (AU) di Dalem Cokrokusuman, Kampung Kemlayan, Serengan, Senin (28/11) direlokasi oleh pihak TNI Angkatan Udara. Kepala Penerangan dan Perpustakaan Lanud Adi Soemarno TNI AU Kapten Sus Juni Kurniawati mengatakan sebelum dipindahkan pihaknya sudah melakukan mediasi selama 6 bulan. Menurut Juni, penghuni Mess TNI AU tersebut berjumlah 13 kepala keluarga dengan 23 rumah.

Juni menambahkan untuk membantu mereka pindah pihaknya memberikan uang sebesar Rp 4 juta ditambah bantuan transportasi. Juni mengungkapkan seharusnya yang berhak menghuni Mess itu adalah TNI aktif, bukan pensiunan ataupun anak keturunannya. Sedangkan saat ini penghuninya adalah 1 pensiunan TNI AU, janda TNI AU, serta keturunannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juni menjelaskan hari ini, Senin (28/11) merupakan batas akhir untuk eksekusi pemindahaan penghuni. Sebelum meminta pindah pihaknya telah melayangkan 3 kali surat peringatan. Bahkan TNI AU juga menyediakan truk dan anggotanya untuk membantu kepindahan mereka.

Saat akan dilakukan pemindahan hari ini terjadi negosiasi yang alot antara TNI AU dengan warga penghuni. Negosiasi itu melibatkan perwakilan warga, perwakilan TNI AU, dan Kapolres Solo. Negosiasi terjadi karena mereka tidak ingin dipindahkan sebelum adanya keputusan dari Pengadilan Negeri (PN) Solo. Warga melalui kuasa hukumnya telah mengajukan gugatan ke PN Solo. Bahkan saat mengetahui akan dipindahkan, warga penghuni Mess Cokrosuman menutup 2 akes jalan dengan menggunakan bambu, ban bekas, kursi, dan yang lain sebagainya. Selain itu, beberapa toko di Jalan Honggowongso tutup. Hal itu dikarenakan Jalan Honggowongso juga ditutup dari kendaraan umum oleh aparat keamanan. [SPFM/hen]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya