SOLOPOS.COM - Petugas DKP menyiram tanaman pada lahan bekas lapak pedagang kaki lima (PKL) di Jl. Ahmad Yani, Banjarsari, Solo, Senin (8/6/2015). Pengalih fungsian lahan menjadi taman kota tersebut untuk menambah Lahan Terbuka Hijau (RTH) di kawasan utara. (JIBI/Solopos/Ivanovich Aldino)

Penghijauan Kota Solo akan bertambah semarak dengan hadirnya sebuah taman di sepanjang Bantaran Kali Gajah Putih.

Solopos.com, SOLO—Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi kado warga Solo seusai melangsungkan prosesi pernikahan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Dengan kocek pribadi, Jokowi membangun taman di sepanjang Bantaran Kali Gajah Putih, Banjarsari. Kawasan yang dulunya penuh ilalang kini sedap dipandang berkat penanaman bunga dan pepohonan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan solopos.com, Jumat (12/6/2015), penghijauan tampak dari bantaran sekitar pertigaan Gondang hingga utara gerbang belakang Taman Balekambang (Jl. Ahmad Yani) atau sekitar 1 kilometer. Tanaman peneduh dan bunga dipilih jenis palem blarak dan bougenville. Sedangkan tanaman lain seperti kacang-kacangan, sabrina, puring dan melati air dipakai untuk penutup tanah. Siang itu beberapa pekerja masih sibuk menggemburkan tanah dan menanam tanaman.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami mulai menanam sejak Senin (8/6/2015). Yang beri uang Pak Jokowi,” ujar Sukiyo, salah satu pedagang tanaman yang dipesan Jokowi saat ditemui solopos.com di sekitar bantaran.

Pedagang tanaman asal Pucangsawit Jebres ini mengatakan ada ribuan tanaman yang dipesan Jokowi untuk menghijaukan bantaran. Sukiyo menyebut tamanisasi bantaran ditarget selesai Minggu (14/6/2015). Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, membenarkan penghijauan Bantaran Kali Gajah Putih merupakan inisiatif Jokowi. Hasta menyebut “kado” itu diserahkan Jokowi secara lisan pada Pemkot saat resepsi pernikahan Gibran-Selvi, Kamis (11/6). Sebeumnya dia sempat mengira penghijauan merupakan program pemerintah pusat. “Ternyata pakai uang Pak Jokowi sendiri. Kami menganggap ini adalah kado Pak Jokowi buat warga Solo,” ujarnya.

Hasta mengatakan Jokowi tak menyebut alasan kenapa memilih Bantaran Kali Gajah Putih untuk penghijauan. Namun pihaknya mengakui kawasan tersebut perlu ditata karena terkesan semrawut dan penuh rumput-rumput panjang. Dia bahkan sudah berencana melakukan tamanisasi di sepanjang bantaran. “Ternyata malah keduluan Pak Jokowi,” ujarnya sambil tersenyum.

Menurut Hasta, pemberian tersebut menunjukkan komitmen Jokowi terhadap program penghijauan tak berubah. Saat menjadi Wali Kota Solo, Jokowi dikenal getol menghijaukan kota melalui masterplan Solo dalam Hutan. Konsep Solo Ecocultural City juga pernah diluncurkan Jokowi selama menjabat di Solo. “Konsistennya patut diacungi jempol,” ucap Hasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya