SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL-Gardena Dept Store menanam 500 tanaman mangrove di Dusun Baros, Kretek Bantul yang berada di tepi Sungai Opak, Kamis (15/5/2014).

Pembina Relawan Gardena Suwito mengatakan program Corporate Social Responsibility (CSR) itu sengaja memilih mangrove sebagai sarana menjaga kelestarian lingkungan. Mangrove, tidak hanya menahan abrasi dan menjadi penghalau tsunami, tetapi juga tempat berkembang spesies hewan.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

“Bahkan buah mangrove saja bisa dikonsumsi menjadi makanan ringan,” kata Suwito, Kamis (15/5/2014).

Hanya, kata dia, menanam mangrove butuh area khusus. Sebab tanaman ini hanya dapat hidup di tempat rawa. Di Bantul, Dusun Baros yang berada dekat dengan Sungai Opak yang tidak jauh dari laut selatan merupakan salah satu wilayah rawa yang dapat ditanami mangrove.

Suwito menambahkan kegiatan berorientasi lingkungan bukan kali pertama dilakukan Gardena. Dalam setahun ini mereka rutin menggelar kegiatan lingkungan hingga tiga kali. Biasanya, kegiatan lingkungan dilakukan dengan penanaman pohon di Merapi. Sayang, aktivitas gunung api paling aktif itu kini tengah meningkat sehingga rawan bila menggelar kegiatan di sana.

“Selain lingkungan, Gardena biasanya juga melakukan bakti sosial seperti menyerahkan bantuan ke panti asuhan atau bantuan air di Gunungkidul,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya