SOLOPOS.COM - Maria Sharapova menjadi atlet perempuan dengan pendapatan terbesar. Ist/santabanta.com

Solopos.com, WASHINGTON — Maria Sharapova masih tercatat sebagai atlet putri dengan pendapatan paling besar. Petenis putri asal Rusia itu sudah menduduki puncak daftar tersebut selama 10 tahun berturut-turut.

Dalam daftar yang dirilis oleh Majalah Forbes, Rabu (13/8/2014) seperti dilansir detiksport, Sharapova disebut memperoleh pendapatan sebesar US$ 24,4 juta (sekitar Rp284,9 miliar) di periode Juni 2013 sampai Juni 2014. Jumlah itu lebih sedikit lima juta dollar AS jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Menurunnya pendapatan Sharapova tak lepas dari cedera yang mengganggunya di sepanjang tahun lalu. Dari berbagai turnamen yang diikuti, pemilik lima gelar grand slam itu hanya membawa pulang hadiah sebesar US$ 2,4 juta–atau empat juta dollar AS lebih sedikit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kendati demikian, Sharapova punya pendapatan besar dari kontraknya dengan berbagai sponsor. Dari beberapa sponsor seperti Nike, Tag Heuer, Porsche, sampai produk kosmetik Avon, Sharapova memperoleh US$ 22 juta.

Duduk di posisi kedua adalah petenis asal Tiongkok, Li Na. Li –yang pendapatannya meroket sejak menjadi petenis Asia pertama yang menjuarai grand slam saat memenangi Prancis Terbuka 2011– secara keseluruhan memperoleh pendapatan sebesar US$ 23,6 juta (sekitar Rp 275,6 miliar) tahun lalu.

Sementara itu, Serena Williams menduduki peringkat ketiga dengan pendapatan sebesar US$ 22 juta (sekitar Rp 256,9 miliar). Namun petenis rangking satu dunia itu punya pendapatan dari hasil prestasi di atas lapangan yang lima kali lebih besar daripada Sharapova tahun lalu.

Petenis putri mendominasi daftar tersebut dengan menempatkan empat lagi atletnya. Victoria Azarenka (US$ 11 juta), Caroline Wozniacki (US$ 10,8 juta), Agnieszka Radwanska (US$ 6,8 juta), dan Ana Ivanovic (US$ 6,4 juta) berturut-turut menduduki peringkat keenam hingga kesembilan.

Tiga atlet putri dari luar tenis yang melengkapi daftar tersebut adalah atlet ice skating Korea Selatan Kim Yuna yang menduduki peringkat keempat (US$ 16,3 juta), pebalap Nascar AS Danica Patrick (kelima, US$ 15 juta), dan pemain golf AS Paula Creamer (ke-10, US$ 5,5 juta). (JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya