SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Penghargaan nasional kembali diraih Pemprov Jateng. Pemerintah Pusat menilai Jateng memapu meningkatkan kesejahteraan masyarakat selama lima tahun berturut-turut

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kanalsemarang.com, SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meraih penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha karena dinilai telah menunjukkan hasil karya tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat selama lima tahun berturut-turut.

“Penghargaan tersebut diserahkan Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Peringatan Ke-XIX Hari Otonomi Daerah di Istana Negara Jakarta, Selasa,” kata Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Riena Retnaningrum di Semarang seperti dikutip Antara, Selasa (28/4/2015).

Ia menjelaskan penilaian didasarkan pada hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah 2009-2013.

Menurut dia, variabel yang dinilai menggunakan indikator kinerja kunci yang terukur, berkesinambungan, dapat diperbandingkan dan dipertanggungjawabkan yang meliputi tiga aspek yakni tataran pengambil kebijakan, tataran pelaksana kebijakan, dan capaian urusan pemerintah.

“Selain itu, juga dilakukan penilaian terhadap indeks kesesuaian materi antara laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan Peraturan Pemerintah No.3/2007,” ujarnya.

Penilaian evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah 2013 terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah 2012, kata dia, dilakukan melalui tiga tahap.

“Ketiga tahap itu adalah mencermati LPPD pemerintah provinsi, kabupaten dan kota, melakukan klarifikasi dan validasi data lapangan, serta melakukan ‘common sense’ terhadap daerah yang berdasarkan hasil sementara EKPPD dinilai berkinerja terbaik sesuai penilaian tim teknis,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya