SOLOPOS.COM - lustrasi (google/anneahira.com)

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Kota Magelang, Jawa Tengah, meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha 2014 dari Kementerian Perhubungan karena keberhasilan dalam pengelolaan lalu lintas di daerah setempat.

“Tahun ini kali pertama Kota Magelang ikut berpartisipasi, dan ternyata langsung berhasil meraih Piala Wahana Tata Nugraha. Ini prestasi yang membanggakan,” kata Walikota Magelang Sigit Widyonindito seperti dikutip Antara, Senin (8/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rencananya, Walikota Sigit menerima penghargaan itu dari Kementerian Perhubungan di Jakarta pada Rabu (10/9).

Ia mengharapkan pengelolaan masalah lalu lintas dan transportasi di kota dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu semakin baik pada masa mendatang. Kota Magelang meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha 2014 untuk kategori kota sedang.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pemkot Magelang Suko Tricahyo mengatakan kepastian daerah setempat menerima penghargaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP. 747/2014 tentang Penetapan Kota atau Kabupaten dan Provinsi Sebagai Pemenang Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2014.

“Kota Magelang masuk kategori kota sedang dengan jumlah penduduk antara 101.000 hingga 500.000 orang. Warga kota ini sekitar 130 ribu jiwa, sedangkan nilai yang diraih di atas 80, sehingga meraih piala. Di bawah itu penghargaan berupa sertifikat dan plakat,” katanya.

Ia mengatakan penilaian untuk mendapatkan penghargaan itu secara berjenjang, antara lain tentang persyaratan administrasi, teknis operasional, dan komitmen kepala daerah untuk mengambil kebijakan terkait dengan pengelolaan lalu lintas.

Ia menjelaskan tentang penilaian paling tinggi atas kota setempat untuk penghargaan tersebut, yaitu sarana dan prasarana lalu lintas.

“Antara lain jalan dilengkapi marka tepi jalan, marka penyeberangan, marka tempat parkir kendaraan, dan pemasangan sejumlah lampu pengatur lalu lintas tenaga surya,” katanya didampingi Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dishubkominfo Kota Magelang Chandra Widjatmiko Adi Selain itu, pihaknya juga sedang membuat sarana kelengkapan lalu lintas, yakni pemasangan fasilitas untuk difabel agar bisa berjalan kaki di trotoar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya