SOLOPOS.COM - Para atlet para games saat dilepas Menpora. JIBI/Solopos/Ant

Solopos.com, SOLO — Kontingen Indonesia yang menjuarai ASEAN Para Games (APG) 2014 di Myanmar bakal dijamu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kediamannya di Cikeas, Bogor, Selasa (28/1/2014) siang.

Kesuksesan atlet difabel Indonesia di level Asia Tenggara mengetuk hati SBY. David Jacob dkk. memang layak mendapatkan apresiasi besar dari pemangku negara setelah mereka pulang membawa 99 medali emas, 69 medali perak dan 49 medali perunggu dari Myanmar, pertengahan Januari ini.

Promosi Yos Sudarso Gugur di Laut Aru, Misi Gagal yang Memicu Ketegangan AU dan AL

Pundi-pundi medali tersbut membuat kontingen Indonesia mencatat sejarah baru di level APG. Karena baru kali pertamanya Indonesia mampu menjadi juara umum di pesta olahraga bagi kalangan difabel se-Asia Tenggara tersebut.

“Sewaktu kita jadi tuan rumah APG 2011, kita juga dapat sambutan dari presiden. Semoga saja perhatian pemerintah kepada atlet difabel terus meningkat,” urai Ketua Umum National Paralympic Committe (NPC) Indonesia, Senny Marbun, kepada Espos, Senin (27/1/2014).

Namun tidak semua atlet APG Indonesia yang bisa hadir di Cekeas, khususnya atlet yang berasal dari luar Jawa.
“Yang akan datang sekitar 80-an atlet dari total 150-an yang ikut ke APG Myanmar kemarin. Selain itu jajaran pelatih dan staf pelatih juga akan turut dalam penyambutan presiden ini,” beber Senny.

Meski demikian, Senny belum bisa memastikan apakah penyambutan presiden sekaligus dilakukan berbarengan dengan pencairan bonus medali bagi atlet APG berprestasi. Sebab agenda utama di Cikeas hanya untuk ramah-tamah.

“Saya rasa tidak[pencairam bonus]. Saya sendiri juga belum tahu rinciannya (untuk bonus peraih emas, perak, perunggu]. Karena itu acaranya ramah tamah. Kalau untuk bonus, kami bisa mengerti, kalau memang ada keterlambatan itu mungkin hanya persoalan birokrasi. Saat ini perhatian pemerintah sudah bagus kepada atlet difabel. Jadi kita juga harus bijaksana melihat hal ini,” jelas Senny. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya