SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Penggunaan danais kali ini berupa syawalan abdi dalem.

Harianjogja.com, JOGJA — Ratusan abdi dalem Kaprajan dan Punakawan Keraton Yogyakarta Hadiningrat mengikuti syawalan bersama Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan Sri Paduka Paku Alam X di Bangsal Kepatihan Jogja, Kamis (14/7/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X meminta kepada abdi dalem kaprajan yang saat ini berada di pemerintahan agar merancang dan melaksanakan danais untuk kebudayaan masyarakat.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, Sultan juga meminta agar abdi dalem punakawan untuk terus melestarikan kebudayaan.

“Untuk penggunaan dan perancangan harus sesuai aturan serta skala prioritas yang mampu berdampak besar,” katanya.

Sementara setelah mendengarkan sambutan dari Sultan, para abdi dalem yang tampil mengenakan surjan kemudian bergiliran bersalaman dengan Sultan dan Paku Alam.

Salah satu abdi dalem cilik dari Kawedanan Hageng Punakawan Kridomardo, Rizki Kuncoro Manik,8, mengatakan sengaja datang bersama dengan kakeknya Suyatiman Cermowicoro dan omnya Lolo Prasetyo. Sebelumnya Rizky sempat datang di acara ngabekten yang digelar di bangsal Kencana, Keraton Jogja.

“Saat ngabekten kemarin saya juga ikut,” ucap siswa kelas 2 SD Glagah Jogja ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya