Penggugat: Yusuf Mansur Berjanji Ganti Semua Investasi Batu Bara

Menurut Zaini, dai kondang itu pernah berjanji di hadapan para investor bahwa dirinya akan mengganti seluruh uang investasi jemaahnya. 

 Zaini Mustofa (kanan) menggugat Ustaz Yusuf Mansur ke PN Jakarta Selatan terkait investasi batu bara. (Thayyibah Channel)

SOLOPOS.COM - Zaini Mustofa (kanan) menggugat Ustaz Yusuf Mansur ke PN Jakarta Selatan terkait investasi batu bara. (Thayyibah Channel)

Solopos.com, JAKARTA — Salah satu investor bisnis batu bara, Zaini Mustofa, kukuh menggugat Ustaz Yusuf Mansur ke pengadilan. Menurut Zaini, dai kondang itu pernah berjanji di hadapan para investor bahwa dirinya akan mengganti seluruh uang investasi jemaahnya.

Janji itu dilontarkan pada 2010 namun hingga saat ini tidak ada realisasinya.

PromosiGerhana Bulan Darah dan Mitos yang Mengiringinya di Pelosok Dunia

“Saat itu Yusuf Mansur hadir dalam pertemuan dengan teman-teman. Banyak sekali yang datang. Dalam pertemuan itu Yusuf Mansur berjanji akan mengganti seluruh uang investor. Banyak saksinya. Ada memang beberapa yang sudah meninggal, tapi yang masih hidup mungkin lebih dari 70 orang. Mereka menyaksikan saat Yusuf Mansur mengatakan itu. Bisa dicek,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (17/1/2022).

Zaini tampil sendiri menggugat Yusuf Mansur ke PN Jaksel. Karena profesinya sebagai seorang pengacara, ia mewakili dirinya sendiri untuk menuntut haknya yakni uang investasi senilai Rp80 juta pada 2009.

“Uang Rp80 juta tahun 2009, kalau dinilai sekarang sudah berapa coba?” ujarnya.

Ustaz Yusuf Mansur akan menjalani persidangan perdana gugatan investasi batu bara pada 15 Februari 2022 mendatang. Persidangan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel).

Pada persidangan gugatan investasi hotel di PN Tangerang beberapa pekan lalu, Yusuf Mansur tidak hadir dan mewakilkan kepada tim penasihat hukumnya.

Gugatan dugaan wanprestasi investasi batu bara di PN Jaksel bernomor 28/Pdt.G/2022/PN.Jak.Sel. Nama penggugatnya adalah Zaini Mustofa, warga Bogor, Jawa Barat.

Zaini menggugat lima pihak yakni PT Adi Partner Perkasa (perusahaan batu bara yang berkantor di Jakarta Selatan), Adiansyah (Direktur PT Adi Partner Perkasa), Jam’an Nurchotib Mansur (Yusuf Mansur, Komisaris Utama PT Adi Partner Perkasa), BMT Darussalam Madani dan PPPA Darul Quran Tangerang.

“Infonya sidang tanggal 15 Februari 2022. Ada di websitenya PN Jaksel tapi saya belum mendapat panggilan baik hardcopy maupun email,” ujar Zaini.

Baca Juga: Fantastis! Ustaz Yusuf Mansur Digugat Rp98 Triliun di PN Jaksel 

Zaini menuturkan, sidang perdana biasanya mengagendakan verifikasi identitas penggugat dan tergugat serta terkait data-data lainnya. Jika memakai jasa pengacara, hakim akan menanyakan surat kuasanya.

“Juga lisensi penggugat dengan tergugat dan ngecek surat panggilan kepada para pihak sudah sempurna atau belum? Kalau semua sudah lengkap baru memilih hakim mediator untuk mediasi,” katanya.

Zaini tidak mempermasalahkan Yusuf Mansur akan datang atau tidak lantaran dai kondang tersebut sudah diwakili tim pengacara. Namun jika datang, ia akan mengapresiasinya.

Sebelumnya, Ustaz Yusuf Mansur mempersilakan bagi orang-orang yang merasa ia rugikan untuk menggugat ke pengadilan. Meskipun mengakui sejumlah investasinya belum sukses, dai kondang itu memastikan dirinya tidak menipu para investor.

Dalam klarifikasinya di kanal Youtube Daqu Channel, Yusuf Mansur menegaskan dirinya tidak pernah menipu dalam bisnis batu bara di Kalimantan Selatan pada 2009.

“Soal tipu menipu mah kagak. Soal batu bara saya dibilang nipu, kagak! Dari dulu malah saya ngalah mulu, ikut ganti ikut bayar beberapa orang, malah ada satu orang Rp23 miliar itu. Saya juga gak tahu dapat duit dari mana itu bisa ganti. Belum yang lain-lain itu, yang nyelonong ke rumah saya, kalau sekarang mah enggak. Kalau sekarang ada yang mau mempermasalahkan ke polisi aja udah, buktiin di sono aja udah. Selama ini juga ke polisi melulu, pakai pengacara melulu ya gak apa-apa,” tutur suami dari Siti Maemunah tersebut.

Terkait dengan masalah yang beruntun menerpanya, Yusuf Mansur memilih untuk memakai pendekatan ruhani. Ia mengajak ribuan santrinya di berbagai pondok pesantren Daarul Quran untuk menggelar yasinan selama 40 hari.

Baca Juga: Ustaz Yusuf Mansur Digoyang Tudingan Investasi Bodong Batu Bara 

Per Minggu (16/1/2022) ini yasinan itu sudah memasuki hari ke-30. Yusuf Mansur menuliskannya dalam status Instagramnya. Tulisan itu langsung direaksi banyak warganet, ada yang nyinyir namun lebih banyak yang mendoakan.

“Yaasiin 40 hari masih berlangsung dengan izin Allah. Sebagian dah hari ke-30. Sebagian ada yang baru mulai 2-3hr. Gpp. Mulai aja. Itung-itung niat latihan buat biasain ibadah dan amalan-amalan saleh yang rutin-rutin. Dan bisa aja ditambah amalan-lain lain,” tulis Yusuf Mansur seperti dikutip Solopos.com.

Berdasarkan pengamatan pukul 18.00 WIB, hanya ada dua akun yang berkomentar nyinyir. Sisanya membela dan mendoakan dai bernama asli Jam’an Nurchotib Mansur tersebut.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kedubes RI Pertanyaan Alasan Singpura Tolak Abdul Somad

KBRI Singapura menerima informasi dari ICA Singapura bahwa penolakan (refusal of entry) didasarkan alasan tidak eligible untuk mendapatkan ijin masuk berdasarkan kebijakan imigrasi.

Diundang Jokowi, Elon Musk ke Indonesia November 2022

Elon Musk mengakui ada diskusi proyek masa depan dengan Presiden Jokowi dan akan datang ke Indonesia pada November 2022.

Bahas Video Marah-Marah, Yusuf Mansur: Saya Memang Ekspresif

Yusuf Mansur mengatakan dirinya memang tipikal orang yang ekspresif ketika menyampaikan sesuatu.

Rumah Dibom Molotov, Ustaz di Aceh Doakan Pelaku

Abdullah mengatakan saat pelemparan bom terjadi ia tidak berada di rumah karena sedang memenuhi undangan untuk menghadiri sebuah kegiatan syukuran kelahiran anak.

Aniaya Pelaku Balap Liar, 5 Polisi di Manokwari Ditahan

Kejadian pengeroyokan remaja oleh lima polisi itu terjadi pada Sabtu (14/5/2022) malam lalu.

Diterpa Banyak Masalah, Yusuf Mansur: Tak Ada Badai Semua Pelangi

Yusuf Mansur bahkan menyebut semua masalah yang menerpa dirinya saat ini sebagai pelangi.

IDI: Nakes Ucapkan Terima Kasih ke Airlangga Kendalikan Pandemi Covid-19

Menurut IDI, Airlangga Hartarto menjadi sosok sentral dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

5 Polres di Jateng Naik Level, Salah Satunya Klaten

Kelima Polres yang naik level tersebut yakni Polres Cilacap, Polres Magelang, Polres Pati, Polres Batang, dan Polres Klaten.

Imigrasi: Tidak Ada Masalah dengan Dokumen Abdul Somad

Penolakan Abdul Somad oleh Singapura sepenuhnya wewenang negara tetangga Indonesia tersebut.

Dokumen UAS Oke tapi Imigrasi Indonesia Tak Bisa Intervensi Singapura

Ditjen Imigrasi Kemenkumham RI menyatakan tidak ada masalah keimigrasian dalam perkara yang menimpa Ustaz Abdul Somad (UAS) di Singapura.

Kejagung Kembali Tahan Mafia Minyak Goreng, Ini Sosoknya

Kejagung menetapkan analis independen Lin Che Wei sebagai bagian dari mafia minyak goreng yang bekerja sama dengan oknum di Kementerian Perdagangan.

Selain Indonesia, Ini Negara yang Membebaskan Warganya Tak Bermasker

Sebelum Indonesia, sejumlah negara sudah lebih dulu membolehkan warganya tak lagi memakai masker di tempat umum.

Pengacara: Korban Yusuf Mansur Silakan Hubungi Saya, Gratis!

Zaini mengatakan, apa yang dilakukan Yusuf Mansur kepada banyak investor dalam beberapa investasi yang digalangnya sebagai bentuk kezaliman.

Pelonggaran Masker Berlaku Per 18 Mei 2022

Pemerintah mengingatkan pelonggaran masker tersebut tidak berlaku bagi warga yang rentan penyakit serta yang dalam kondisi badan tidak sehat.

Elon Musk Ancam Batalkan Beli Twitter, Ini Alasannya

Twitter yang tidak mau memberikan data tentang akun bot kurang dari 5 persen dari pengguna, membuat Elon Musk mengacam batalkan pembelian Twitter.

Datangi Jakarta, Petani Sawit Tuntut 5 Hal ke Presiden Jokowi

Mereka mengadukan nasib petani sawit terkait pelarangan ekspor sawit oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).