SOLOPOS.COM - Sejumlah warga membantu Sutarjono membersihkan puing-puing pengilingan. Akibat kebakaran itu diperkirakan kerugian mencapai puluhan juta rupiah. Sabtu (30/8/2014). (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Harianjogja.com-GUNUNGKIDUL – Kebakaran menimpa sebuah tempat penggilingan padi dan gaplek milik Sutarjono, Warga Dusun Dengok III, Dengok, Playen Sabtu (30/8/2014) sekitar pukul 13.30 WIB. Diduga kebakaran terjadi karena percikan api dari cerobong asap penggilingan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian diperkirakan mecapai puluhan juta rupiah.

Pemiliki Penggilingan, Sutarjono menjelaskan kemungkinan besar api berasal dari cerobong asap penggilingan. Namun dia tidak tahu pasti kejadian kebakaran, karena saat api mulai membakar pabrik, sedang mengatar sapi ke Selang, Kecamatan Wonosari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat diperjalanan saya diberitahu bila pabrik terbakar. Saat itu, saya langsung untuk mengecek keadaan,” katanya kepada Harian Jogja, kemarin.

Ekspedisi Mudik 2024

Kemungkinan panasnya cerobong asap pembuangan menimbulkan percikan api. Lantas, api itu membakar atap penggilingan yang terbuat dari kayu.

Akibat kebakaran tersebut 7 unit mesin penggilingan miliknya hangus terbakar. Tak hanya itu, uang simpanan selama sebulan serta simpanan jangung beberapa ton dan onggok pakan sapi seberat 5 kuintal ikut hangus dilalap sijago merah.

“Kalau perkiraaan saya mencapai Rp90 jutaan. Tujuh unit mesin penggiling sudah berapa, belum lagi simpanan uang dan jagung juga ludes,” akunya.

Lebih jauh dikatakannya, selain hembusan angin yang terhitung kencang, penyebab api makin membesar dikarenakan di tempat tersebut juga dijadikan tempat penyimpanan bahan bakar minyak jenis solar. Akibatnya, saat api mulai membesar, bahan bakar tersebut memicu api yang lebih besar lagi.

“Saya tidak mau repot, sehingga solar-solar itu saya taruh di area penggilingan,” ungkapnya.

Kebakaran pertama kali dilihat oleh Rami yang tidak lain adalah istri Sutarjono. Menurut pengakuannya, sebelum terjadi kebakaran sempat terjadi suara ledakan. Saat mencoba mencoba melihat dari mana asal ledakan, api sudah mulai membumbung tinggi di pabrik penggilingan padi yang berada di belakang rumahnya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya