SOLOPOS.COM - Ilustrasi aksi aparat Densus 88 Antiteror (JIBI/Solopos/Antara/Dok.)

Penggerebekan Densus 88 yang berujung kematian Siyono mendorong DPR mendesak adanya tim pencari fakta.

Solopos.com, JAKARTA — Pimpinan Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Benny Kabur Harman, mengatakan perlunya bagi pihak kepolisian untuk membentuk tim pencari fakta terkait kasus kematian terduga teroris Siyono. Hal itu dia katakan setelah rapat kerja bersama Kapolri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Alasan Komisi III DPR mendorong Polri agar membentuk tim pencari fakta lantaran adanya perbedaan hasil investigasi dari pihak kepolisian dan pihak elemen masyarakat. Benny menuturkan Polri harus mempertanggungjawabkan apakah kematian Siyono akibat kekerasan aparat kepolisian atau tidak. Hal itu harus diungkapkan ke publik.

“Kami dukung Densus 88, kami dukung agenda pemberantasan teroris, tapi kami beri batasan kewenangan upaya pemberantasan terorisme itu tidak digunakan sewenang-wenang oleh densus. Harus tetap dipertanggungjawabkan pada publik,” tuturnya di Kompleks Parlemen, Rabu (20/4/2016).

Menurutnya perlu ada SOP, yang menjadi instrumen untuk mengontrol kewenangan densus ini. “Jadi ada standar-standarnya. SOP kita digunakan untuk mengawasi itu,” tandasnya.

Karena adanya dugaan pelanggaran tersebut, Benny yang saat itu memimpin rapat bersama Kapolri mendorong pembentukan tim pencari fakta. “Perlu tim pencari fakta, lebih bagus ada tim pencari fakta yang dibentuk Mabes Polri untuk mencari fakta pada pelanggaran ini, tidak cukup hanya pelanggaran etik,” tuturnya.

Terkait revisi UU terorisme, komisi III saat ini tengah menyiapkan pembahasan tersebut. “Apapun, fokusnya adalah penghormatan perlindungan pada HAM,” tuturnya.

Selain perlindungan HAM, dalam revisi UU tersebut juga harus mengatur kewenangan luar biasa terhadap aparat hukum yang menangani terorisme. “Karena itu UU Terorisme kewenangan luar biasa itu harus dibatasi supaya tidak digunakan sewenang-wenang, supaya orang tidak takut,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya