Penggemar Futsal Wajib Tahu Regulasi Baru FIFA!
Ilustrasi futsal. (Solopos.com-Dok.)

Solopos.com, SOLO — Asosiasi Futsal Kota (AFK) Solo memanfaatkan masa vakum kompetisi untuk menyosialisasikan peraturan futsal terbaru FIFA. Sesuai regulasi FIFA Futsal Law of the Game 2020/2021, ada setidaknya 16 poin utama perubahan aturan yang wajib dipahami stakeholder futsal Kota Bengawan.

AFK berencana menggelar sosialisasi regulasi baru futsal dari FIFA itu secara daring untuk mendukung protokol kesehatan Covid-19. FIFA Futsal Law of the Game 2020/2021 itu merupakan hasil amendemen aturan sebelumnya yang terbit musim 2014/2015.

Federasi Futsal Indonesia (FFI) belakangan gencar menyosialisasikan regulasi baru yang diresmikan sejak Mei 2020 tersebut. AFK Solo segera menyampaikan poin-poin aturan terkini kepada para stakeholder.

Mobil Sedan Tabrakkan Diri ke Masjidil Haram, Bagaimana Kejelasannya?

“Waktu vakum Liga Pelajar 2020 akan kami isi dengan sosialisasi peraturan terbaru. Kegiatan rencananya kami gelar bulan ini,” ujar Ketua AFK Solo, Rumi Iqbal Doewes, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (3/11/2020).

Rumi mengatakan sasaran awal sosialisasi regulasi baru adalah para peserta Liga Pelajar 2020. Menurut Rumi, penting bagi pemain muda mengetahui update aturan futsal untuk mengantisipasi kesalahpahaman saat turnamen kembali diputar tahun depan.

Karikatur dan Ilustrasi

Pihaknya tengah menyiapkan konsep sosialisasi regulasi baru futsal dari FIFA itu dengan sejumlah karikatur dan ilustrasi agar lebih mudah dipahami. Kegiatan nantinya digelar via daring untuk mencegah kerumunan yang memicu persebaran Covid-19.

“Rencananya pakai aplikasi Zoom. Kami harap banyak tim bisa berpartisipasi karena mereka cukup menyimak dari rumah,” ucap Rumi.

Beda 17 Tahun, Ciuman Lee Do-hyun dan Kim Ha-neul di 18 Again Dikecam

Sebagai informasi, sejumlah perubahan regulasi baru futsal dari FIFA  itu adalah seperti dalam adu penalti yang terdapat lima penendang. Sebelumnya hanya tiga penendang.

Selain itu, pemain bisa dapat kartu merah jika melanggar pemain lawan atau situasi yang mempunyai peluang mencetak gol di area mana saja. Kiper juga dilarang melempar melewati garis tengah lapangan (FIFA membebaskan anggotanya untuk penggunaan poin tersebut).

Lebih jauh, definisi handball diadaptasi dari sepak bola dalam aturan terbaru, jika bola menyentuh bagian tubuh sendiri atau pemain lain lalu tak sengaja menyentuh tangan yang dalam posisi wajar, hal ini tidak dihitung pelanggaran.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom