SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kursi Menteri Keuangan akan segera kosong setelah Presiden SBY memberikan restunya kepada Sri Mulyani untuk menjadi managing director di Bank Dunia. Lantas figur seperti apa yang seharusnya menggantikan Sri Mulyani?

Ekonom Standard Charter,  Fauzi Ikhsan, mengatakan sosok pengganti Sri Mulyani haruslah netral. “Pertama dia harus orang netral dalam artian apolitis, karena pengambilan keputusan kebijakan ekonomi harus dilepaskan dari dunia politis,” ujarnya, Rabu (5/5) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain netral, menurut Fauzi calon ia juga harus seorang yang profesional, berdedikasi tinggi, berintegritas tinggi, teknokrat dan orang yang tenang dalam menghadapi masalah.

“Dia harus tenang dalam menghadapi setiap masalah yang ada, ada krisis tenang, kerusuhan tenang, sehingga pengambilan keputusan lebih terkontrol,” tambah Fauzi.

Fauzi juga menggaris bawahi keberhasilan Sri Mulyani dalam menerapkan reformasi birokrasi perlu diteruskan oleh penggantinya kelak.

“Kalau sekadar orang yang mengerti tentang ekonomi makro itu banyak tapi meneruskan dan memperbaiki reformasi birikrasi itu yang sulit. Jangan sampai itu (reformasi birokrasi) itu tidak dilanjutkan,” pungkasnya.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya